Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertamina Klaim Keselamatan Pekerja Adalah Prioritas

PT Pertamina (Persero) menyatakan akan menjalankan bisnis secara aman, sehat, dan berwawasan lingkungan.
Salah satu pelatihan yang dilakukan HSE FT Medan Group
Salah satu pelatihan yang dilakukan HSE FT Medan Group

Bisnis.com, MEDAN - PT Pertamina (Persero) menyatakan akan menjalankan bisnis secara aman, sehat, dan berwawasan lingkungan.

Unit Manager Communication Relation & CSR Pertamina Regional Sumatera bagian Utara (Sumbagut) Taufikurachman mengatakan komitmen keselamatan kerja tertuang dalam budaya keselamatan dan kesehatan kerja (K3).

“Dalam bekerja kita selalu mengutamakan Health, Safety, Security, dan Environment (HSSE), menguasai diri dan lingkungan kerja sehingga nantinya kecelakaan kerja dapat dicegah atau Zero Accident,” ujar Taufikurachman, Rabu (17/2/2021).

Sementara itu, Asisten Manager HSE Operation Achmad Surya Karbala menambahkan ketika terjadi insiden, Pertamina selalu melakukan investigasi secara struktural hingga ke tahap rekomendasi perbaikan.

“Tidak dipungkiri beberapa insiden juga pernah terjadi namun kami memiliki sistem yang namanya insiden investigasi. Setelah mendapat hasil investigasi, kami akan memberikan rekomendasi perbaikan, salah satunya terhadap peraturan yang senantiasa berkembang setiap saat,” ucap Achmad.

Selain itu, pihaknya juga menerapkan HSSE Golden Rule, yaitu seluruh pekerja melaporkan kondisi dan perilaku tidak aman. Para pekerja dapat melaporkan sedini mungkin kondisi tidak aman tersebut sehingga segera dapat dilakukan pencegahan sekaligus perbaikan.

“Jadi kami sudah memiliki teknologi informasi untuk semua pihak-pihak Pertamina baik itu pekerja, awak mobil tangki (AMT) dan lain-lain itu sudah bisa melaporkan apapun temuan kondisi tidak aman maupun perilaku tidak aman,” tambah Achmad.

Di sisi lain, Fuel Terminal (FT) Manager Medan Group M. Ikmal mengatakan keunggulan FT Medan Group terletak pada fasilitas pengisian mobil tangki Pertamina. FT tersebut secara aktif menerapkan teknologi untuk membantu proses operasional dengan new gantry system, sistem teknologi pengisian mobil tangki dengan sistem automasi metode swap card sehingga mengurangi proses interface manusia di dalam proses pengisian.

“Dengan didukung oleh penggunaan teknologi yang handal dan juga penerapan aspek keselamatan pada setiap proses operasional, FT Medan Group mampu menyalurkan produk BBM dengan kemampuan 6.817.000 liter per hari,” kata Ikmal, Rabu (17/2/2022).

Terdapat 131 mobil tangki melayani sebanyak 600 SPBU jadi mobil tangki akan bolak-balik ke FT.

Superintendent RSD Labuhan Deli, Eri Wibowo mengatakan belum terjadi kecelakaan kerja yang fatal. Bahkan FT Medan Group mendapatkan penghargaan kategori zero accident dari Dinas Ketenagakerjaan.

kegiatan HSE FT Medan Group berupa pelatihan pemadaman api nyata, sosialisasi contractor safety management system, test screening NAPZA, refreshment defensive driving training AMT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper