Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ternyata Ini Penyebab Terjadinya Blackout di Aceh

Pukul 18.51 WIB, kondisi pembangkit kembali normal dan pasokan arus listrik kembali disalurkan secara bertahap
PLTMG Arun./Antara
PLTMG Arun./Antara

Bisnis.com, BANDA ACEH — PT PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Aceh menyatakan pemadaman listrik sebagian yang terjadi di wilayah Aceh akibat terganggunya sistem transmisi 150 kilovolt antara Idi dan Lhokseumawe pada Rabu (10/1/2021) sore.

Manager Komunikasi PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Aceh T. Bahrul Halid mengatakan akibat black-out tersebut pasokan listrik di sebagian wilayah yang ada di Provinsi Aceh mengalami padam total.

“Gangguan itu terjadi pada sistem transmisi 150 Volt antara Idi dan Lhokseumawe sehingga berakibat terhadap pemadaman sebagian wilayah Aceh,” katanya, Rabu (10/2/2021).

Dia menjelaskan gangguan pada transmisi 150 kV antara Idi dan Lhokseumawe, akibat pembangkit di PLTMG Arun dan Nagan Raya tidak mampu menampung beban yang secara signifikan bertambah secara tiba-tiba sehingga pembangkit tersebut padam yang mengakibatkan gelap sebagian Aceh.

Bahrul menambahkan kondisi saat ini berangsur normal seiring beroperasi kembali PLTMG Arun dan Nagan Raya ke sistim interkoneksi Sumatra Bagian Utara (Sumbagut).

Dia mengatakan pada pukul 18.51 WIB, kondisi pembangkit kembali normal dan pasokan arus listrik kembali disalurkan secara bertahap dan pasokan yang disalurkan tidak bisa sekaligus guna menghindari terjadinya black out kembali.

"Saat ini tim kami terus bekerja untuk segera melakukan penormalan secara menyeluruh, kami mohon bersabar dan mohon maaf atas ketidaknyamanannya kepada seluruh pelanggan di Aceh yang masuk dalam pemadaman," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Zufrizal
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper