Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Inflasi Sumsel Masih Didominasi Kenaikan Harga Cabai Merah

Sumatra Selatan tercatat mengalami inflasi sebesar 0,42% atau lebih tinggi dibanding inflasi nasional yang sebesar 0,26 persen.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 01 Februari 2021  |  13:39 WIB
Ilustrasi - Reuters
Ilustrasi - Reuters

Bisnis.com, PALEMBANG – Sumatra Selatan tercatat mengalami inflasi sebesar 0,42 persen atau lebih tinggi dibanding inflasi nasional yang sebesar 0,26 persen.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatra Selatan Endang Tri Wahyuningsih mengatakan komoditas penyumbang inflasi di Sumsel masih berasal dari kelompok bahan makanan, terutama cabai merah.

“Harga cabai merah di Kota Palembang telah naik cukup tinggi, yakni sebesar 11,61 persen bahkan cabai rawit malah lebih tinggi lagi sampai 48 persen,” kata Endang, Senin (1/2/2021).

Selain itu, lanjut Endang, tempe yang sebelumnya sempat langka di Palembang juga telah berdampak pada pembentukan inflasi bulan lalu. 

“Komoditas yang juga berkaitan dengan acara hajatan juga naik, seperti semangka. Kita tahu bahwa saat ini hajatan sudah mulai banyak,” katanya.

Dia memaparkan kenaikan harga cabai merah terjadi di dua kota yang dipantau BPS Sumsel, yakni Kota Palembang dan Kota Lubuk Linggau.

Endang melanjutkan selain didorong kenaikan harga komoditas bahan makanan, inflasi pada awal tahun 2021 itu juga dipengaruhi perubahan harga pada biaya bimbingan belajar.

“Mungkin bimbingan belajar sudah mulai aktif lagi sehingga ini menjadi penggerak ekonomi di Sumsel juga,” katanya.

Dia menambahkan laju inflasi lebih tinggi di perdesaan. Pihaknya mencatat inflasi perdesaan di Sumsel selama Januari 2021 sebesar 0,65 persen.

“Namun untuk perdesaan, inflasinya lebih disebabkan kenaikan harga di kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga,” ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Inflasi sumsel cabai merah
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top