Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bea Cukai Riau Lakukan 422 Penindakan Barang Ilegal Sepanjang 2020

Kantor Wilayah Direktorat Jendral Bea Cukai (DJBC) Riau menyatakan kasus rokok ilegal masih mendominasi upaya penindakan yang dilakukan oleh DJBC Riau sepanjang 2020 lalu.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 20 Januari 2021  |  19:02 WIB
Ilustrasi - Bisnis
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, PEKANBARU - Kantor Wilayah Direktorat Jendral Bea Cukai (DJBC) Riau menyatakan kasus rokok ilegal masih mendominasi upaya penindakan yang dilakukan oleh DJBC Riau sepanjang 2020 lalu.

Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai Kanwil DJBC Riau Hartono Sutarjo mengatakan tahun lalu pihaknya telah melakukan 422 penindakan dengan komoditi dominan yakni penindakan terhadap tembakau ilegal.

Dari jumlah penindakan tersebut pihaknya berhasil mengamankan barang sitaan senilai Rp123,12 miliar dan total potensi kerugian negara senilai Rp268,5 miliar. “Komoditi yang mendominasi penindakan ini adalah hasil tembakau ilegal,” ujarnya Rabu (20/1/2021).

Menurutnya hasil barang hasil tembakau ilegal itu berupa rokok sebanyak 36,6 juta batang, dan hasil pengolahan tembakau lainnya sebanyak 12,4 liter, dengan potensi kerugian negara mencapai Rp18,55 miliar.

Upaya penindakan terhadap rokok ilegal masih tetap menjadi salah satu fokus DJBC Riau. Saat ini keberadaan rokok ilegal sangat mengganggu pemasaran rokok resmi yang memberikan kontribusi terhadap pemasukan negara.

“Dengan dimusnahkannya peredaran rokok ilegal, diharapkan pasarnya dapat ditutupi oleh rokok-rokok resmi sehingga memberikan imbal hasil yang maksimal untuk pemasukan negara,” jelasnya.

Selain penindakan terhadap peredaran rokok ilegal, penindakan juga dilakukan komoditi narkotika, psikotopika dan prekursor sepanjang 2020, dengan jumlah perkiraan nilai barang Rp363,1 miliar. “Jumlah ini setara dengan penyelamatan 1,25 juta jiwa.”


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

riau Bea Cukai
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top