Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Penerapan Rapid Antigen di Bandara Batam, 17 Calon Penumpang Positif Corona

Untuk membantu kelancaran pelayanan di Bandara Hang Nadim, RSBP Batam telah menurunkan 1 tim, yang terdiri dari bagian medis dan non medis, yang dilengkapi dengan peralatan untuk pemeriksaan rapid antigen swab, APD lengkap, dan mobil ambulans.
Bobi Bani
Bobi Bani - Bisnis.com 25 Desember 2020  |  12:11 WIB
Keterangan foto: Bandara Internasionl Hang Nadim Batam-Bisnis - Bobi Bani.
Keterangan foto: Bandara Internasionl Hang Nadim Batam-Bisnis - Bobi Bani.

Bisnis.com, BATAM – Selama dua hari penerapan tes Rapid Antigen, calon penumpang yang akan keluar Batam melalui Bandara Internasional Hang Nadim Batam terkonfirmasi positif Covid-19.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Badan Usaha Bandar Udara dan Tehnologi Informasi Komunikasi (BUBU TIK) Hang Nadim Batam Benny Syahroni mengatakan ada 17 calon penumpang yang diketahui positif saat dilakukan Rapid Antigen di Bandara Hang Nadim yang bekerjasama dengan RSBP Batam.

Jumlah itu berasal dari 792 jumlah penumpang yang menjalani Rapid Antigen di Bandara Hang Nadim pada 22 dan 23 Desember 2020 ini.

"Jumlah belasan itu merupakan komulatif sejak tanggal 22 dan 23 Desember 2020," kata Benny.

Calon penumpang yang positif melalui pemeriksaan, selanjutnya disarankan untuk melakukan tes swab PCR. Mereka juga diarahkan ke maskapai untuk melakukan refund tiket karena tidak bisa melanjutkan perjalanan.

Sebagaimana diketahui, menyusul diterbitkannya Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan terkait Perjalanan Orang Selama Libur Hari Raya Natal dan Menyambut Tahun Baru 2021, oleh Satuan Tugas Penanganan Covid-19, pelaku perjalanan yang menggunakan alat transportasi udara, darat dan laut wajib menunjukkan surat keterangan negatif rapid test antigen swab paling lama 3 x 24 jam atau H-3 sebelum berangkat.

Hal ini berlaku juga bagi perjalanan yang menggunakan kendaraan pribadi maupun umum sesuai dengan daerah tujuan.

Direktur RSBP Batam, Afdhalun A. Hakim, mengemukakan terkait dengan aturan tersebut, Rumah Sakit Badan Pengusahaan (BP) Batam mendukung program pemerintah untuk kelancaran perjalanan ke luar daerah dengan menyediakan layanan rapid test antigen swab di Bandara Hang Nadim.

“Hal ini dilakukan untuk membantu kelancaran proses pelayanan bagi calon penumpang yang akan melakukan perjalanan ke luar Kota Batam, terutama dalam melengkapi syarat administrasi yang harus disiapkan untuk memenuhi syarat perjalanan ke Jakarta dan kota-kota lain di Pulau Jawa saat pandemi Covid-19,” kata Afdhalun.

Selain itu, tambahnya, RSBP Batam, juga membuka layanan rapid test antigen swab di RSBP Batam di Sekupang dan di Klinik Baloi dengan biaya sebesar Rp275.000 sejak tanggal 21 Desember 2021.

Untuk membantu kelancaran pelayanan di Bandara Hang Nadim, RSBP Batam telah menurunkan 1 tim, yang terdiri dari bagian medis dan non medis, yang dilengkapi dengan peralatan untuk pemeriksaan rapid antigen swab, APD lengkap, dan mobil ambulans.

“Hal ini juga sesuai dengan instruksi dari Pimpinan BP Batam, agar RSBP Batam bersama BUBU Hang Nadim saling bersinergi dan berkordinasi dalam kelancaran pelayanan kepada masyarakat, terutama untuk penerapan protokol kesehatan,” tambah Afdhalun. (K41)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandara batam Covid-19
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top