Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Libur Nataru, Ratusan Tenaga Medis Disiagakan

Jelang Hari raya Natal dan Tahun Baru 2021 (Nataru), Dinas Kesehatan Provinsi Riau siagakan ratusan tenaga medis, mobil ambulans serta obat-obatan dan bahan medis yang dibutuhkan.
Eko Permadi
Eko Permadi - Bisnis.com 17 Desember 2020  |  17:10 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, PEKANBARU — Jelang Hari raya Natal dan Tahun Baru 2021 (Nataru), Dinas Kesehatan Provinsi Riau siagakan ratusan tenaga medis, mobil ambulans serta obat-obatan dan bahan medis yang dibutuhkan.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir mengatakan persiapan dimaksud dalam mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan dan lainnya yang bisa mengganggu aktivitas masyarakat. Kemudian, antisipasi penyebaran Covid-19 di Riau.

Total 300 dokter disiagakan terdiri dari dokter spesialis bedah, kebidanan, anestesi, internis, dan anak. Tenaga perawat berjumlah sedikitnya ada 600 perawat. Lalu ada juga ratusan mobil ambulan serta obat-obatan, dan bahan medis.

"Selain itu, kita juga meningkatkan fasilitas kesehatan seperti rumah sakit rujukan dengan memperbanyak ruang isolasi, ketersediaan ruang ICU, ventilator dan alat kesehatan lainnya. Termasuk ruang istirahat bagi masyarakat yang menempuh perjalanan," tuturnya, dikutip dari keterangan resmi, Kamis (17/12/2020).

Tenaga medis yang disediakan itu kata Mimi, disiapkan selama pelaksanaan Nataru dan akan standby selam 24 jam dengan sistim shift yaitu sebanyak 3 shift setiap hari. Dimana setiap shift ada 100 tenaga medis yang bertugas.

"Mereka akan standby di puskesmas, rumah sakit rujukan dan juga posko pengamanan di jalur lalu lintas, artinya langkah-langkah untuk antisipasi Nataru ini kita sudah siapkan sebagaimana mestinya," jelasnya.

Lebih jauh kata Mimi, menyambut Nataru ini ia kembali himbau masyarakat untuk terus waspada dan terus menegakkan protokol kesehatan, menerapkan 3M dan menghindari kerumunan.

Hal itu demi keamanan kesehatan masyarakat serta mengantisipasi dan memutus rantai penyebaran Covid-19 yang saat ini masih meningkat di Riau. Sehingga kedepan diharapkan jangan sampai ada lagi klaster baru dari Nataru ini.

"Saat ini penyebaran Covid-19 di daerah kita masih termasuk mengkhawatirkan. Maka itu kita minta masyarakat terus waspada, khusunya dalam menyambut Nataru ini," ujarnya.

Terakhir, dia juga menghimbau masyarakat untuk berhati-hati dalam perjalanan. Bagi yang melakukan bepergian dan jangan terlalu memaksakan.

"Jika memang membutuhkan bantuan kita sudah menyediakan tanaga medis di posko pengamanan Nataru," ujarnya. (K42).


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

riau
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top