Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Libur Akhir Tahun, Sumbar Siap Sambut Wisatawan

Pemerintah Provinsi Sumatra Barat telah menyiapkan segala hal untuk menyambut datangnya wisatawan pada liburan akhir tahun.
Seorang pengendara tengah melintasi kawasan wisata Pantai Padang, tempat yang paling populer dikunjungi wisatawan terutama di momen liburan akhir tahun./Bisnis-Noli Hendra
Seorang pengendara tengah melintasi kawasan wisata Pantai Padang, tempat yang paling populer dikunjungi wisatawan terutama di momen liburan akhir tahun./Bisnis-Noli Hendra

Bisnis.com, PADANG - Pemerintah Provinsi Sumatra Barat telah menyiapkan segala hal untuk menyambut datangnya wisatawan pada liburan akhir tahun.

Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Novrial mengatakan kendati informasi liburan akhir tahun ini masih belum ada kepastian dari pemerintah, namun pemda telah mempersiapkan berbagai hal untuk menyambut wisatawan yang tentunya menciptakan wisata aman Covid-19.

"Meski ada gonjang ganjing liburan akhir akan diperpendek. Tapi kita memperkirakan gerakan wisatawan akan signifikan pada liburan akhir tahun nanti," kata Novrial kepada Bisnis ketika dihubungi via telepon di Padang, Rabu (25/11/2020).

Dipar mengakui bahwa tidak terlalu berharap dengan wisatawan mancanegara untuk liburan akhir tahun nanti, mengingat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) masih belum dibuka untuk penerbangan internasional.

Untuk itu, wisatawan nusantara lah yang bakal meramaikan sejumlah objek wisata di Sumbar pada momen liburan akhir tahun nanti. Setidaknya pada momen liburan akhir tahun itu, target 8,1 juta kunjungan sepanjang tahun 2020 ini bakal tercapai.

Apalagi pada bulan Desember 2020 nanti, AirAsia juga membuka rute penerbangan Jakarta - Padang dengan tiket yang cukup murah, serta diberi bagasi gratis untuk berat barang maksimal 15 kilogram.

"Ini adalah salah satu penunjang nantinya kedatangan wisatawan nusantara ke Sumbar pada momen liburan akhir tahun nanti," sebutnya.

Novrial menyampaikan mengingat kondisi pandemi Covid-19 masih ada, kesiapan soal memberikan rasa aman kepada wisatawan pun telah dibahas bersama pemerintah kabupaten dan kota.

Hal yang dibahas itu yakni mengikuti program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yakni penerapan protokol CHSE (Clean, Health, Safety, Environment), yaitu kebersihan, kesehatan, keamanan, dan lingkungan hidup.

Dimana untuk hotel dan homestay dapat dikatakan telah siap menyambut tamu yang akan berlibur akhir tahun di Sumbar. Begitu juga untuk rumah makan juga terus digenjot untuk CHSE ini.

"Jadi dalam berwisata itu tidak hanya sekedar protokol kesehatan dan 3M saja. Tapi CHSE juga perlu untuk dipedomi, agar dapat menciptakan wisata aman Covid-19," jelasnya.

Selain itu Dispar Sumbar juga telah berkoordinasi di PT Angkasa Pura II BIM dan mereka sudah menyiapkan protokol kesehatan yang ketat untuk menyambut kedatangan wisatawan liburan akhir tahun.

"Jadi Pemprov komit menciptakan wisata aman Covid-19, mulai dari kedatangan di BIM, di lokasi wisata, dan hingga di tempat makan dan tempat penginapan," ucap Novrial.

Untuk itu dia pun berharap agar Pemerintah Kabupaten dan Kota untuk siap-siap membuka objek wisata untuk momen liburan akhir tahun ini.

"Kami sebenarnya juga masih mempertimbangkan untuk menyelenggarakan iven jelang akhir tahun ini. Setidaknya hal itu dapat mengundang datangnya wisatawan," ujarnya. (k56)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Noli Hendra
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper