Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pembangunan Sport Center Sumut Berlanjut Setelah Soal Ganti Rugi Tuntas

Sebelumnya terdapat 670 tanaman dan bangunan yang bermasalah dalam pembangunan Sport Center tersebut.
Cristine Evifania Manik
Cristine Evifania Manik - Bisnis.com 24 November 2020  |  10:55 WIB
Gubernur Sumut saat ditanyai mengenai pembangunan Sport Center Sumut , Senin (23/11 - 2020).
Gubernur Sumut saat ditanyai mengenai pembangunan Sport Center Sumut , Senin (23/11 - 2020).

Bisnis.com, MEDAN - Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi menyatakan persoalan ganti rugi lahan sport center telah teratasi dan ditargetkan rampung pada Desember 2020.

Sebanyak 275 tanaman dan 204 bangunan yang bermasalah dalam pembangunan Sport Center Sumut telah diselesaikan melalui tanda tangan kertas kerja. Sebanyak 397 tanaman dan bangunan dinyatakan telah mendapat ganti rugi.

Sebelumnya terdapat 670 tanaman dan bangunan yang bermasalah dalam pembangunan Sport Center tersebut.

“Dua bulan yang lalu pembangunan ini sudah dimulai, tetapi ada persoalan-persoalan yang membuat pembangunan belum bisa berjalan di beberapa kawasan. Tanggal 1 Januari 2021 tidak ada lagi alasan, waktu kita sempit karena 2024 PON sudah dimulai,” kata Gubernur Sumut Edy Rahmayadi di Pendopo Rumah Dinas Gubernur Sumut, Senin (23/11/2020).

Dengan bergitu, terdapat 123 tanaman dan 68 bangunan yang masih dalam proses perundingan dengan pihak pemilik lahan. Menurut Edy, masalah ganti rugi lahan tersebut akan rampung selama tujuh hari.

Sementara itu,menurut Kepala BPN Sumut Dadang Suhendi, kendala yang dialami terkait masalah lahan adalah validasi data penerima ganti rugi. Hal ini terjadi karena ada oknum yang mengklaim memiliki tanaman, walau sebelumnya di lahan tersebut belum ditanami.

“Kita ada sedikit masalah terkait validasi, apakah benar ganti rugi tersebut diberikan kepada pihak yang berhak, yang menanam, memiliki bangunan,” Kata Dadang.

Dadang mengatakan masalah validasi data sudah disinkronkan. Namun, ada beberapa pemilik lahan yang belum bersedia menandatangani kertas kerja.

Adapun, lahan Sport Center Sumut ini diperuntukkan untuk ajang Pekan Olahraga Nasional tahun 2024 mendatang. Bangunan tersebut akan dibangun di Desa Sena, Kabupaten Deli Serdang denganluas lahan sebesar 300 hektar. Sport Center akan dilengkapi dengan ruang publik lainnya seperti pusat perbelanjaan dan rumah sakit.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

medan sumut
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top