Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Gelar MTQ Nasional 2020, Pemprov Sumbar Komitmen Jalankan Protokol Kesehatan

Pemprov Sumbar telah menyatakan telah mengatur skema sebagai bentuk komitmen untuk mematuhi protokol kesehatan.
Noli Hendra
Noli Hendra - Bisnis.com 15 November 2020  |  12:45 WIB
Menteri Agama RI Fachrul Razi bersama Gubernur Sumatra Barat beserta peserta MTQ Nasional ke-XXVIII di Provinsi Sumatra Barat saat menyaksikan pembukaan secara MTQ 2020 di Stadion Utama Kabupaten Padang Pariaman. - Istimewa
Menteri Agama RI Fachrul Razi bersama Gubernur Sumatra Barat beserta peserta MTQ Nasional ke-XXVIII di Provinsi Sumatra Barat saat menyaksikan pembukaan secara MTQ 2020 di Stadion Utama Kabupaten Padang Pariaman. - Istimewa

Bisnis.com, PADANG – Penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQ Nasional) ke-XXVIII di Provinsi Sumatra Barat bertepatan pada kondisi pandemi Covid-19.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan sebelum kegiatan ini dimulai, Pemprov Sumbar telah menyatakan telah mengatur skema sebagai bentuk komitmen untuk mematuhi protokol kesehatan. Skema itu berkaitan supaya penyelenggaraan MTQ Nasional 2020 itu berjalan aman dan tanpa mengabaikan protokol kesehatan.

"Kita telah menetapkan ketentuan bahwa setiap peserta maupun pendamping dari MTQ Nasional 2020 ini harus memiliki surat tes swab yang menyatakan negatif Covid-19," katanya, pada pembukaan MTQ Nasional 2020, Sabtu (14/11/2020) malam.

Begitu juga di dalam acara pembukaan secara resmi MTQ Nasional 2020 yang diselenggarakan di Stadion Utama Sumatra Barat yang berada di Kabupaten Padang Pariaman, pada Sabtu malam, setiap tamu yang hadir telah diatur duduknya yakni jaga jarak dan harus menggunakan masker.

Selain itu, sebelum memasuki lokasi tamu yang hadir haruslah mencuci tangan dan membersihkan tangan dengan hand sanitizer yang telah disediakan oleh panitia.

"Kita berharap cara yang dilakukan ini dapat membuat peserta dan semua orang yang terlibat dalam kegiatan MTQ Nasional 2020 ini berjalan aman, mengingat pandemi masih ada di Sumbar," ujar Irwan.

Terkait MTQ Nasional yang diselenggarakan di Sumbar, Gubernur Sumbar dua periode ini menjelaskan bahwa pelaksanaan MTQ Nasional 2020 ini merupakan MTQ Nasional yang kedua bagi Provinsi Sumbar selaku tuan rumah, setelah terakhir dilaksanakan pada 37 tahun yang silam, tepatnya pada tahun 1983.

“Kami ingin memberikan pelayanan yang terbaik demi suksesnya penyelenggaraan MTQN. Hari ini pembukaan disetting secara luar biasa, dengan pendekatan adat Minang yang berfilosofi Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah (ABS-SBK) dan tentu dengan pendekatan Islam,” jelasnya.

Untuk itu, Gubernur Irwan menyampaikan permohonan maaf atas kekurangnyamanan seluruh kafilah MTQ Nasional terhadap penerapan protokol kesehatan secara ketat.

Pada MTQ Nasional 2020 ini mengusung tema Mewujudkan SDM Unggul, Profesional dan Qurani Untuk Indonesia Maju. Gubernur Irwan juga mengajak semua pihak bisa merefleksikan zikir dan tafakur untuk membangun akhlak dan peradaban.

Selain itu penyelenggaraan MTQ Nasional ke-XXVIII diikuti oleh 1.476 orang peserta dari 32 provinsi, dengan jumlah kafilah sebanyak 2.086 orang.

Sementara itu, dalam acara pembukaan itu, Menteri Agama RI, Fachrul Razi, mengatakan, butuh persiapan yang matang untuk menyelenggarakan MTQ Nasional 2020, karena berlangsung di tengah wabah Covid-19 yang melanda Sumbar ataupun di Indonesia ini.

“Komitmen dan kedisiplinan untuk menerapkan standar protokol kesehatan secara ketat di semua lini, semoga menjadi ikhtiar maksimal yang akan membawa sukses penyelenggaraan MTQ Nasional kali ini,” ungkapnya.

Menteri menyebutkan bahwa pelaksanaan MTQ Nasional 2020 ini diselenggarakan secara sistematis, rutin dan berjenjang setiap tahunnya mulai dari tingkat desa sampai tingkat nasional. Bahkan pemenang MTQ Nasional nantinya akan direkomendasikan untuk mengikuti ajang MTQ Internasional setiap tahunnya.

Di samping itu Menag juga menyoroti perkembangan pondok-pondok tahfidz di berbagai daerah dalam beberapa tahun terakhir. Semua perkembangn itu diharapkan memberi efek positif terhadap kualitas kehidupan beragama.

Selanjutnya Menteri Fachrul Razi menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah berpartisipasi menyukseskan penyelenggaraan MTQ Nasional ke-XXVIII di Provinsi Sumatra Barat.

“Meskipun dilaksanakan dalam kondisi penuh keprihatinan dan kewaspadaan, semoga tidak akan menghilangkan substansi dan nilai syiar dari pelaksanaan MTQ Nasional ini,” tutupnya.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Adaptasi Kebiasaan Baru
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top