Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

20.000 Mitra Usaha GoFood di Sumut Adopsi Protokol Kesehatan

Terdapat beberapa aturan yaitu menggunakan masker bagi seluruh karyawan UMKM mitra GoFood, pengecekan suhu tubuh karyawan secara rutin.
Cristine Evifania
Cristine Evifania - Bisnis.com 25 Oktober 2020  |  15:39 WIB
Ilustrasi. - Antara/Moch Asim\n
Ilustrasi. - Antara/Moch Asim\\n

Bisnis.com, MEDAN - Untuk menekan angka pertumbuhan kasus Covid-19, gojek terapkan inovasi jaga kesehatan, kebersihan, keamanan (J3K) untuk 20.000 UMKM mitra Gojek di Sumatera Utara.

"Terdapat lebih dari 20.000 mitra usaha GoFood di Sumatera Utara per Oktober 2020. Kami mendukung operasional bisnis UMKM agar tetap jadi andalan konsumen, terutama (melalui) protokol kebersihan, kesehatan, dan keamanan atau J3K," ungkap Head of Regional Corporate Affairs Gojek Wilayah Sumbagut Dian Lumban Toruan, Minggu (25/10/2020).

Upaya ini adalah implementasi dari kampanye 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) yang sedang digalakkan oleh pemerintah. Inovasi untuk UMKM tersebut didasarkan pada Pedoman Produksi dan Distribusi Makanan Olahan Pada Masa Status Darurat Covid-19 di Indonesia yang dikeluarkan oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Menurut Dian, terdapat beberapa aturan yang harus dilaksanakan UMKM mitra GoFood sejak inovasi J3K ini diluncurkan, yaitu menggunakan masker bagi seluruh karyawan UMKM mitra GoFood, pengecekan suhu tubuh karyawan secara rutin, penggunaan segel pengaman seperti selotip atau kabel pengerat untuk pengantaran makanan atau minuman.

Selanjutnya, Gojek menetapkan jarak antrian bagi para mitra pengemudi dan pelanggan. Melakukan sterilisasi area restoran dengan desinfektan secara berkala, dan menyediakan tempat cuci tangan beserta sabun bagi para karyawan dan mitra pengemudi.

"Lewat inovasi di aplikasi, GoFood juga terus berupaya menyesuaikan perubahan perilaku konsumen dengan meluncurkan fitur Contactless Delivery untuk mendukung upaya jarak sosial," tambah Dian.

Tak hanya itu, inovasi lainnya yang ditawarkan Gojek adalah penyediaan kanal khusus “Pilihan Resto Higienis” yang berisi daftar outlet mitra usaha GoFood yang telah menerapkan 3 langkah utama dari 6 langkah protokol keamanan dan kebersihan makanan GoFood.

Status suhu tubuh mitra pengemudi serta kebersihan kendaraan yang sudah didesinfeksi juga bisa ditemukan pada layar aplikasi Gojek.

Pada dasarnya inovasi J3K tersebut bukan hanya untuk GoFood. Tersedia juga Zona nyAman J3K yaitu shelter penjemputan yang dilengkapi fasilitas kebersihan dan sudah disterilisasi. Di Medan, terdapat tiga titik Zona nyAman J3K, yaitu di Bandara Kualanamu, Cambridge Mall, dan Manhattan Mall.

Di Zona nyAman J3K ini, pengemudi dan pelanggan wajib menjaga jarak aman minimal 1,5 meter, cek suhu tubuh, cuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer.

Sebelum melakukan perjalanan, pengemudi wajib menyemprotkan desinfektan di helm atau di pegangan pintu. Pelanggan Go Ride atau Go Car akan diberikan penutup kepala dan wajib menggunakan masker selama di perjalanan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumut Gojek
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top