Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tambang Batu Bara Ilegal di Muara Enim Berada Dalam IUP PTBA

Areal tambang batu bara ilegal yang menelan korban jiwa di Kabupaten Muara Enim, Sumatra Selatan, dipastikan masuk dalam wilayah izin usaha pertambangan (IUP) PT Bukit Asam (Persero) Tbk.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 22 Oktober 2020  |  18:00 WIB
Tambang batu bara ilegal
Tambang batu bara ilegal

Bisnis.com, MUARA ENIM – Areal tambang batu bara ilegal yang menelan korban jiwa di Kabupaten Muara Enim, Sumatra Selatan, dipastikan masuk dalam wilayah izin usaha pertambangan (IUP) PT Bukit Asam (Persero) Tbk.

Venpri Sagara, General Manager Layanan Operasional PTBA, mengatakan terdapat 55 titik tambang ilegal yang lokasinya berada di dalam IUP perseroan.

“Memang itu di dalam IUP PTBA, tetapi kami belum lakukan kegiatan penambangan dan melakukan pembebasan lahan,” katanya di sela peninjauan lokasi tambang ilegal di Desa Tanjung Lalang, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim, Kamis (22/10/2020).

Menurut Venpri, jika areal tersebut telah dibebaskan, perseroan menjamin tidak akan ada kegiatan pertambangan batu bara tanpa izin (PETI) di wilayah IUP PTBA.

“Kami pastikan tidak akan ada jika telah dibebaskan, namun karena belum jadi kami tidak bisa lakukan [pengamanan] itu,” paparnya.

Dia mengemukakan sebetulnya perusahaan telah melaporkan keberadaan PETI secara rutin tiap semester ke Dinas ESDM.

“Ke Polda juga, sampai rapat difasilitasi sama Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, tapi memang [penindakan] di lapangan belum ada,” katanya 

Sementara itu Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Alex Noerdin mengatakan seharusnya PTBA tetap bertanggung jawab terhadap kegiatan yang berada dalam wilayah IUP-nya.

“Kalau dengan alasan itu tidak lakukan pengamanan, ya sudah bebaskan dong, tidak boleh tunda-tunda. Kalau tidak sanggup membebaskan, balikkan ke negara. Jangan kuasai IUP saja tapi dibiarkan lahannya,” katanya.

Kepala Bidang Pertambangan Umum Dinas ESDM Sumsel, Herliansyah, mengatakan seluruh wilayah yang ada potensi batu bara di Sumsel sudah terkunci dalam wilayah IUP yang dikuasai perusahaan pertambangan.

“Keberadaan batu bara di dalam bumi kan diketahui setelah adanya eksplorasi, nah yang melakukan eksplorasi biasanya perusahaan, sangat sulit kalau perorangan,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

batu bara ptba tambang ilegal
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top