Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Hotel di Padang Dipersiapkan Jadi Tempat Karantina

Pemerintah Provinsi Sumatra Barat tengah mengkaji rencana menjadikan hotel berbintang II dan III sebagai tempat karantina bagi warga Sumbar yang terinfeksi virus Covid-19 dengan gejala ringan.
Noli Hendra
Noli Hendra - Bisnis.com 21 Oktober 2020  |  21:05 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, PADANG - Pemerintah Provinsi Sumatra Barat tengah mengkaji rencana menjadikan hotel berbintang 2 dan 3 sebagai tempat karantina bagi warga Sumbar yang terinfeksi virus Covid-19 dengan gejala ringan.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan rencana keberadaan hotel berbintang 2 dan 3 itu sebagai solusi bagi warga yang melakukan isolasi mandiri di rumah. Setidaknya dengan fasilitas hotel yang ada dapat mempercepat kesembuhan pasien.

"Jadi bagi pasien positif Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri akan dimasukan ke dalam hotel untuk dikarantina. Dengan cara itu dapat mengurangi resiko penyebaran virus di rumah," katanya, Rabu (21/10/2020).

Irwan Prayitno menyebutkan nantinya hotel bintang 2 dijadikan untuk tempat pasien umum dan bintang III untuk tenaga kesehatan yang terpapar Covid-19.

“Kita sedang siapkan prosesnya. Sore tadi ini saya bersama Kapolda Sumbar rapat dengan Kepala BNPB terkait rencana karantina di hotel itu,” ujarnya.

Selain itu Irwan Prayitno juga mengklaim bahwa mulai hari ini tidak kekurangan fasilitas untuk karantina dan isolasi di Sumbar. Begitu pun untuk Asrama Haji Padang pada Kamis besok kemungkinan sudah siap dijalankan untuk karantina.

Tidak hanya itu rumah sakit pun pada minggu ini sudah bertambah 68 tempat tidur. Artinya dengan adanya rencana semua ini sebagai upaya pemerintah untuk mengcover kebutuhan kamar perawatan pasien.

Di kesempatan itu, Sekretaris Utama (Sestama) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Harmensyah mengatakan penanganan Covid-19 di Sumbar terbilang sangat bagus.

Hal itu terlihat pada testing yang dilakukan dengan biaya gratis. Menurutnya, angka yang terpapar Covid-19 saat ini cukup tinggi di Sumbar, karena testing yang dilakukan melalui tes swab semakin banyak.

Sehingga dengan adanya rencana Pemprov Sumbar untuk menyiapkan hotel sebagai karantina adalah bentuk keseriusan pemerintah menangani penyebaran Covid-19 ini.

Harmensyah juga menyatakan bahwa BNPB siap menyediakan sarana dan prasarana pendukungnya terkait rencana dari Pemprov Sumbar tersebut. “Silahkan cari hotel bintang 2 dan 3. Nanti kita siapkan fasilitasnya," tegas dia. (k56)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumbar
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top