Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sumatra Utara Memerlukan 1.100 Kamar Hotel untuk Isolasi Covid-19

Saat ini perkiraan kamar hotel yang dibutuhkan untuk isolasi mandiri berjumlah 1.100 kamar.
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bisnis.com, MEDAN - Pemprov Sumatera Utara bersama Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumut Siapkan enam hotel di wilayah Sumatera Utara untuk isolasi Mandiri pasien tanpa gejala (OTG) Covid-19. Sebanyak 184 tempat tidur telah disediakan.

Data tersebut merupakan keterangan resmi dari Satuan Tugas Penanganan Covid 19 (Satgas Covid-19) yang diunggah di laman www.covid19.go.id pada Sabtu, (10/10/2020). Menanggapi hal tersebut, Ketua PHRI Sumut Denny S. Wardhana menyatakan jumlah hotel,kamar,dan tempat tidur yang tersedia di wilayah Sumut masih dapat berubah karena proses verifikasi hotel masih berlangsung.

"Ada beberapa hotel yang sudah mendaftarkan ada juga hotel yang mengundurkan diri. Jadi nanti bisa berkurang, bisa bertambah," ungkap Denny, melalui sambungan telepon, Minggu (11/10/2020).

Denny menyampaikan saat ini perkiraan kamar hotel yang dibutuhkan untuk isolasi mandiri berjumlah 1100 kamar, terdiri dari wilayah Medan, Binjai, Deli Serdang (Mebidang) 600 kamar, Kepulauan Nias 250 kamar, Kabupaten Simalungun dan Pematangsiantar 100 kamar, Asahan dan Kisaran 100 kamar, Kabupaten Karo 50 kamar.

"Sekarang kita hanya bisa meminta untuk siapa (hotel) yang bersedia," lanjut Denny.

Denny menyebutkan tahapan selanjutnya yang akan dilakukan PHRI adalah mengajukan daftar hotel yang bersedia melakukan kerja sama, kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Satgas Covid-19 Sumut untuk diverifikasi.

Kepala BPBD Sumut, Riadil Lubis menyatakan ketersediaan kamar hotel untuk pasien OTG ini sudah tersedia sejak 21 September 2020, namun masih difokuskan untuk Kepulauan Nias.

"Untuk Kota Medan masih penjajakan. Sementara masih di Kep. Nias. Sudah tersedia mulai 21 September sampai sekarang," ungkapnya melalui pesan singkat, Minggu (11/10/2020).

Riadil menjelaskan pada dasarnya sejak awal pandemi Covid-19, Satgas Covid-19 dan Pemprov Sumatra Utara sudah menyediakan dua tempat untuk isolasi diri, namun terbatas untuk tenaga kesehatan di Kota Medan. Keduanya adalah Hotel Wings Kualanamu dan Wisma Atlet Provinsi Sumatera Utara.

Untuk informasi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio pada September 2020 lalu menyatakan telah menyiapkan anggaran Rp100 miliar untuk memfasilitasi isolasi mandiri pasien OTG Covid-19.

Anggaran tersebut diprediksi dapat menampung 14.000 orang mulai September hingga Desember 2020 selama 14 hari. Anggaran tersebut merupakan biaya akomodasi untuk pasien, termasuk kebutuhan makanan dan laundry.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper