Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sumatra Utara Memerlukan 1.100 Kamar Hotel untuk Isolasi Covid-19

Saat ini perkiraan kamar hotel yang dibutuhkan untuk isolasi mandiri berjumlah 1.100 kamar.
Cristine Evifania
Cristine Evifania - Bisnis.com 11 Oktober 2020  |  17:56 WIB
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bisnis.com, MEDAN - Pemprov Sumatera Utara bersama Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumut Siapkan enam hotel di wilayah Sumatera Utara untuk isolasi Mandiri pasien tanpa gejala (OTG) Covid-19. Sebanyak 184 tempat tidur telah disediakan.

Data tersebut merupakan keterangan resmi dari Satuan Tugas Penanganan Covid 19 (Satgas Covid-19) yang diunggah di laman www.covid19.go.id pada Sabtu, (10/10/2020). Menanggapi hal tersebut, Ketua PHRI Sumut Denny S. Wardhana menyatakan jumlah hotel,kamar,dan tempat tidur yang tersedia di wilayah Sumut masih dapat berubah karena proses verifikasi hotel masih berlangsung.

"Ada beberapa hotel yang sudah mendaftarkan ada juga hotel yang mengundurkan diri. Jadi nanti bisa berkurang, bisa bertambah," ungkap Denny, melalui sambungan telepon, Minggu (11/10/2020).

Denny menyampaikan saat ini perkiraan kamar hotel yang dibutuhkan untuk isolasi mandiri berjumlah 1100 kamar, terdiri dari wilayah Medan, Binjai, Deli Serdang (Mebidang) 600 kamar, Kepulauan Nias 250 kamar, Kabupaten Simalungun dan Pematangsiantar 100 kamar, Asahan dan Kisaran 100 kamar, Kabupaten Karo 50 kamar.

"Sekarang kita hanya bisa meminta untuk siapa (hotel) yang bersedia," lanjut Denny.

Denny menyebutkan tahapan selanjutnya yang akan dilakukan PHRI adalah mengajukan daftar hotel yang bersedia melakukan kerja sama, kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Satgas Covid-19 Sumut untuk diverifikasi.

Kepala BPBD Sumut, Riadil Lubis menyatakan ketersediaan kamar hotel untuk pasien OTG ini sudah tersedia sejak 21 September 2020, namun masih difokuskan untuk Kepulauan Nias.

"Untuk Kota Medan masih penjajakan. Sementara masih di Kep. Nias. Sudah tersedia mulai 21 September sampai sekarang," ungkapnya melalui pesan singkat, Minggu (11/10/2020).

Riadil menjelaskan pada dasarnya sejak awal pandemi Covid-19, Satgas Covid-19 dan Pemprov Sumatra Utara sudah menyediakan dua tempat untuk isolasi diri, namun terbatas untuk tenaga kesehatan di Kota Medan. Keduanya adalah Hotel Wings Kualanamu dan Wisma Atlet Provinsi Sumatera Utara.

Untuk informasi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio pada September 2020 lalu menyatakan telah menyiapkan anggaran Rp100 miliar untuk memfasilitasi isolasi mandiri pasien OTG Covid-19.

Anggaran tersebut diprediksi dapat menampung 14.000 orang mulai September hingga Desember 2020 selama 14 hari. Anggaran tersebut merupakan biaya akomodasi untuk pasien, termasuk kebutuhan makanan dan laundry.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perhotelan sumut
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top