Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bantuan Gubernur Sumsel Rp81 Miliar untuk Infrastruktur Mengalir ke OKU

Dana bantuan gubernur Sumsel untuk peningkatan infrastruktur yang dikucurkan ke sejumlah daerah kini tiba di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) senilai total Rp81 miliar.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 07 September 2020  |  15:18 WIB
Gubernur Sumsel Herman Deru.  - Bisnis/Dinda Wulandari
Gubernur Sumsel Herman Deru. - Bisnis/Dinda Wulandari

Bisnis.com, PALEMBANG – Dana bantuan gubernur Sumsel untuk peningkatan infrastruktur yang dikucurkan ke sejumlah daerah kini tiba di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) senilai total Rp81 miliar.

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengatakan peningkatan infrastruktur jalan diharapkan dapat meningkatkan aktivitas ekonomi masyarakat.

“Dalam masa dua tahun kepemimpinan saya memang fokus pada infrastruktur untuk menjawab keluhan-keluhan masyarakat terkait jalan yang rusak,” katanya, dalam keterangan pers kunjungan kerjanya Kecamatan Peninjauan, Kabupaten OKU, Minggu (6/9/2020). 

Dia mencontohkan bantuan gubernur tersebut digunakan untuk peningkatan Jalan Ogan Ilir - Lubuk Batang, Kecamatan Peninjauan. 

Deru mengemukakan pembangunan infrastruktur jalan ini juga dilakukan di seluruh kabupataen/kota se-Sumsel, seperti di Kabupaten Musi Rawas dan Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).

Gubernur mengklaim pada 2019 sudah tercapai sebanyak 75 persen dari target, sementara pada 2020 ini menjadi tahun finalisasinya.

“Jika jalannya mulus, maka waktu tempuh menjadi lebih singkat sehingga biaya transportasi bisa ditekan. Selain itu, juga mendorong pertukaran ekonomi antarkabupaten,” ujar Deru.

Terkait infrastruktur jalan tersebut, Pemprov Sumsel bersama Balai Besar Jalan dan Jembatan Nasional Kementerian PUPR sedang meningkatkan jalan di Kabupaten Musi Banyuasin menuju ke Lakitan, Kabupaten Musi Rawas.

Sementara Wakil Bupati Kabupaten OKU, Johan Anuar, mengatakan pihaknya mengapresiasi  langkah gubernur untuk memastikan ketersediaan infrastruktur jalan di OKU.

“Adanya bantuan ini membuat jalan di Kabupaten OKU banyak yang kondisinya mulus,” kata dia.?

Kepala Dinas PU Bina Marga dan Tata Ruang Provinsi Sumsel Darma Budhi mengatakan alokasi penanganan infrastruktur jalan APBD Provinsi Sumsel melalui Dinas PU Bina Marga dan Tata Ruang Provinsi Sumsel untuk wilayah Kabupaten OKU terdiri dari 8 paket kegiatan penanganan jalan dan jembatan.

Di antaranya, peningkatan jalan batas Kabupaten Ogan Ilir - Lubuk Batang senilai Rp4,91 miliar, peningkatan Jalan Baturaja--Sp Martapura senilai Rp10,14 miliar. 

Peningkatan dan akses jalan menuju oprit Jembatan Ogan IV - Unit 3 Batumarta Rp7,91 miliar, peningkatan Jalan Batumarta (Unit III - Unit XVI) Lubuk Raja Kabupaten OKU Rp4,91 miliar, peningkatan Jalan Gatot Subroto (Baturaja) Rp3,14 miliar, pembangunan oprit Jembatan Ogan IV sebesar Rp9,91 miliar.

Kemudian, pembangunan Jembatan Pipa Desa Nagari Ratu Tanjung Lengkayap Rp3,98 miliar, pemeliharaan berkala Jalan Sutomo Batukuning Baturaja Rp2,44 miliar. Sehingga total anggaran perbaikan infrastruktur jalan dan jembatan di Kabupaten OKU senilai Rp47,36 miliar.

Kemudian, peningkatan jalan juga dilakukan di ruas jalan Batumarta (Unit IIT - Unit XVI) Lubuk Raja menggunakan dana bantuan khusus gubernur Sumsel untuk Kabupaten OKU melalui dana hibah 2020 senilai Rp34,50 miliar.  

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumsel
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top