Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

OJK Riau Buka Kembali Layanan Tatap Muka SLIK

SLIK merupakan operasional sistem informasi debitur dulunya merupakan wewenang Bank Indonesia beralih ke OJK sejak Januari 2018.
Eko Permadi
Eko Permadi - Bisnis.com 27 Agustus 2020  |  18:43 WIB
Ilustrasi. - Bisnis/Abdurachman
Ilustrasi. - Bisnis/Abdurachman

Bisnis.com, PEKANBARU — Otoritas Jasa Keuangan Riau sudah membuka layanan tatap muka untuk mengakses Sistem Layanan Informasi Keuangan pada pertengahan Agustus ini. Sejak pandemi, awal Maret 2020 layanan langsung sempat ditutup.

Kepala OJK Riau Yusri menjelaskan sejak pandemi Covid-19 di Indonesia khususnya Riau, layanan tatap muka untuk mengurus SLIK sempat dihentikan dialihkan secara online terpusat di Jakarta. Hal ini bertujuan untuk mengurangi aktivitas berkumpul di kantor.

Sejak Agustus ini, sudah dibuka kembali di Kantor OJK Riau untuk mempercepat layanan kepada masyarakat.

“Jadi masyarakat bisa mengakses SLIK paling lama satu hari selesai. Bahkan kalau ada masyarakat dari luar dari daerah tentu bisa kita prioritaskan untuk mendapatkan layanan secepat mungkin,” katanya kepada Bisnis, Kamis (27/8/2020).

Walaupun sistemnya daring, masih banyak masyarakat datang langsung ke Kantor OJK. Yusri melanjutkan, perharinya banyak masyarakat yang mengajukan layanan untuk informasi debitur untuk keperluan pinjaman kredit.

SLIK merupakan operasional sistem informasi debitur dulunya merupakan wewenang Bank Indonesia beralih ke OJK sejak Januari 2018. Untuk mengurus secara daring bisa melakukan langkah berikut.

Masyarakat bisa mengisi formulir layanan di pranala konsumen.ojk.go.id/minisitedplk/registrasi. Kemudian OJK akan mengirim bukti registrasi antrian ke surat elektronik. Jika OJK sudah selesai verifikasi data, pengguna layanan akan mendapatkan informasi hasil verifikasi melalui surat elektronik.

Apabila data dan dokumen pengguna telah memenuhi syarat, lalu cetak formulir yang dikirim untuk diisi tanda tangan. Foto atau pindai formulir tersebut untuk dikirim ke nomor WhatsApp beserta foto selfie dengan menunjukkan KTP. Terakhir OJK akan verifikasi lanjutan via WhatsApp dan melakukan panggilan video jika dibutuhkan.(K42)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

riau OJK
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top