Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gubernur Kepri Positif Corona, Walkot Batam bukan Close Contact

Wali Kota Batam Muhammad Rudi tidak termasuk dalam close contact dengan Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Isdianto yang terkonfirmasi positif Corona atau Covid-19 pada Sabtu (1/8) lalu.
Wali Kota Batam Muhammad Rudi./Bisnis-Bobi Bani
Wali Kota Batam Muhammad Rudi./Bisnis-Bobi Bani

Bisnis.com, BATAM - Wali Kota Batam Muhammad Rudi tidak termasuk dalam close contact dengan Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Isdianto yang terkonfirmasi positif Corona atau Covid-19 pada Sabtu (1/8) lalu.

Walikota Batam sempat kontak langsung dengan Isdianto dalam acara syukuran di Gedung LAM Provinsi Kepri, Tanjungpinang pada Selasa (28/7) lalu.

Didi Kusmarjadi, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, menjelaskan kontak yang dilakukan keduanya, tidak sampai 15 menit dan masing-masing menggunakan masker.

Rudi hadir didampingi sejumlah pejabat di lingkungan Pemko Batam, antara lain Asisten Pemerintahan dan Kesra Yusfa Hendri, Asisten Administrasi Umum Heriman, Kepala Bappelitbangda Wan Darussalam, Kepala Dinas Kominfo Azril Apriansyah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Ardiwinata, Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Firmansyah, Kepala Dinas Pendidikan Hendri Arulan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Herman Rozie, dan Kepala Dinas Kesehatan Didi Kusmarjadi.

Dalam Keputusan Menteri Kesehatan (KMK) no.01.07/MENKES/ 413/2020, kontak erat (close contact) sendiri adalah berdekatan dalam jarak 1 meter minimal 15 menit. Jika kontak ditemukan tanpa gejala maka dilakukan pemantauan selama 14 hari.

"Pak Wali (Muhammad Rudi) bukan termasuk kategori kontak erat dan tidak bergejala (asimptomatis)," kata Didi pada Senin (3/8/2020).

Meskipun demikian, desakan agar Rudi menjalani pemeriksaan Swab terus berdatangan, walaupun ia tidak termasuk kategori kontak erat dan tidak bergejala (asimptomatis).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Azril Apriansyah saat dihubungi pada Senin (3/8) hari ini menyampaikan, Rudi telah dilakukan pengambil swab tenggorokan untuk untuk pemeriksaan PCR Covid-19. Hal itu disampaikan Rudi dalam sebuah penyerahan simbolis insentif kader posyandu Kecamatan Batuaji, Batam di SMK Negeri 1 Batam pagi tadi.

“Tamadi beliau (Wako) sendiri yang langsung menyampaikan, dia sudah Swab,” tutur Azril.

Terkait dengan detail pemeriksaan Swab yang dijalani Rudi, Azril mengaku tidak mengetahui hal tersebut. Karena informasi tersebut juga baru diketahuinya.

“Detailnya, saya tidak tahu,” kata Azril.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Bobi Bani
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper