Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Lampung Didorong Kembangkan Koperasi Pangan

Lampung didorong untuk mengembangkan koperasi pangan dan koperasi produksi berbasis komoditas.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 27 Juli 2020  |  21:58 WIB
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Teten Masduki/Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Teten Masduki/Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mendorong Provinsi Lampung mengembangkan koperasi pangan melihat potensi yang besar di sektor pertanian, perikanan, perkebunan, dan peternakan.

Dorongan Menkop ini disambut baik oleh Pemerintah Provinsi Lampung yang siap mengembangkan koperasi produksi berbasis komoditas.

Hal ini terungkap dalam kunjungan Menkop Teten Masduki ke KSP Kopdit Mekar Sai, Jl. Juanda Pahoman pada Sabtu (25/7/2020) sebagaimana dilansir laman resmi Pemprov Lampung pada Senin (27/7/2020).

Teten menyampaikan jika Indonesia ingin membangun koperasi pangan seperti di beberapa negara tersebut, Lampung mendapat gilirannya oleh Kementerian Koperasi dan UKM.

Sejauh ini, Lampung sudah memiliki modal untuk koperasi, seperti Kopdit Lampung Sai. Jika dikembangkan di berbagai sektor, seperti sektor perdagangan, sektor pertanian, perikanan, sektor peternakan.

“Kita melihat kekuatan peluang ekonomi yang cukup besar. Ini menjadikan koperasi bukan sekadar rantai dari industri besar, tetapi menjadi kekuatan ekonomi rakyat,” ujar Teten.

Teten mengatakan Lampung memiliki potensi ekonomi yang luar biasa, bahkan dia melihat Provinsi Lampung mampu menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru di Sumatra.

Menurut dia, Lampung mempunyai potensi di sektor pangan yang cukup besar, termasuk hortikultura, perikanan, dan peternakan.

Sementara itu, Wagub Chusnunia Chalim menyampaikan bahwa Pemprov Lampung berharap dapat membuat koperasi produksi di daerah-daerah pertanian, seperti negara negara di eropa, di mana petaninya didorong bersatu membuat koperasi produksi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

koperasi lampung
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top