Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Chevron Serahterimakan Pustu Plus di NTB dan Sulteng

Bantuan tersebut berupa bangunan Puskesmas Pembantu (Pustu) Plus beserta peralatan penunjang operasional
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 27 Juli 2020  |  17:41 WIB
Foto: Dok. Chevron
Foto: Dok. Chevron

Bisnis.com, JAKARTA - Chevron dan para karyawannya di Indonesia menyerahterimakan bantuan rekonstruksi pasca gempa bumi dan tsunami di Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Sulawesi Tengah (Sulteng).

Bantuan tersebut berupa bangunan Puskesmas Pembantu (Pustu) Plus beserta peralatan penunjang operasional. Inilah fasilitas Pustu Plus yang pertama di kedua provinsi tersebut, di mana layanan perawat, bidan, dan dokter berada di bawah satu atap.

”Kedua Pustu Plus tersebut itu merupakan wujud empati para karyawan dan Perusahaan kami kepada saudara-saudara kita yang tertimpa bencana di NTB dan Sulteng. Semoga fasilitas ini dapat membantu penyediaan kembali layanan kesehatan masyarakat secara layak," ungkap Wahyu Budiarto selaku Sr. VP Corporate Affairs PT. Chevron Pacific Indonesia. Kedua Pustu Plus tersebut masing-masing dibangun di Desa Medana, Kabupaten Lombok Utara, NTB, dan Desa Beka, Kabupaten Sigi, Sulteng. Bangunan baru tersebut menggantikan bangunan pustu sebelumnya yang rusak akibat gempa bumi.

Wahyu menjelaskan, dana pembangunan berasal dari sumbangan para karyawan dan ditambah kontribusi Perusahaan melalui mekanisme matching fund. Artinya, dari jumlah dana yang terkumpul dari karyawan, Perusahaan menambahkan dana tersebut dengan jumlah yang sama, atau dilipatduakan.

Acara serah terima bantuan Pustu Plus dilaksanakan secara virtual, masing-masing di Desa Medana pada 27 Juli dan di Desa Beka pada 7 Juli lalu.

”Pak Bupati menyampaikan ucapan terima kasih yang mendalam kepada karyawan dan Perusahaan Chevron. Pustu Plus ini berdiri pada saat-saat yang kritis di mana masih banyak infrastruktur kami yang belum dapat dibangun kembali," ungkap Plh.

Sekretaris Daerah Raden Nurjati yang hadir mewakili Bupati Lombok Utara Dr. H. Najmul Akhyar. Nurjati menyampaikan, bahkan hingga saat ini kantor Bupati, DPRD, maupun Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Lombok Utara masih memanfaatkan kantor sementara.

Hal senada juga disampaikan oleh Bupati Sigi, Muhamad Irwan Lapata. ”Tanpa bantuan dari pihak lain, Sigi tidak akan mampu menyelesaikan perbaikan sarana dan prasarana yang rusak akibat gempa bumi tahun 2018. Karena itu, kami sangat bersyukur atas bantuan yang diberikan Chevron dan para karyawannya ini,” ungkapnya. Masyarakat Desa Beka, lanjut Irwan, kini tidak perlu lagi pergi jauh untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai.

Dalam pembangunan kedua Pustu Plus tersebut, Chevron menggandeng mitra pelaksana untuk masing-masing lokasi, yakni Dompet Dhuafa (DD) dan Yayasan Kemanusiaan Muslim Indonesia (YKMI).

Tahap pembangunan dimulai sekitar bulan September – Oktober tahun lalu. Bangunan dirancang dengan struktur yang ramah gempa; mudah diakses bagi penyandang disabilitas dan orang-orang berusia lanjut; serta memperhatikan prosedur standar keselamatan.

Untuk kesinambungan jangka panjang, pihak Chevron menekankan tentang pentingnya dukungan pemerintah kabupaten setempat, terutama Dinas Kesehatan, melalui penyediaan tenaga kesehatan yang diperlukan, pengelolaan dan pemeliharaan fasilitas secara baik.

Jika dikelola dengan baik, Chevron berharap Pustu Plus tersebut dapat menjadi Pustu pencontohan bagi wilayah lainnya.

Selain pembangunan Pustu Plus ini, Chevron juga menyalurkan bantuan ke NTB dan Sulteng ketika masa tanggap darurat bencana gempa bumi pada 2018 lalu. Bantuan disalurkan melalui lembaga nirlaba Mercy Corps, Save the Children, dan Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Bersama perusahaan-perusahaan migas lainnya, Chevron juga menyalurkan bantuan obat-obatan, tim medis, dan bahan makanan di bawah koordinasi SKK Migas.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

chevron
Editor : Media Digital
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top