Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Imbas Covid-19, Pasien di RSUP Kepri Menurun Setengahnya

Normalnya, jumlah kunjungan pasien rawat jalan hingga 400 orang per hari. Kini, turun sekitar 200 pasien per hari.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 19 Juli 2020  |  00:45 WIB
RSUP Raja Ahmad Thabib Provinsi Kepri - Antara/Ogen
RSUP Raja Ahmad Thabib Provinsi Kepri - Antara/Ogen

Bisnis.com, TANJUNG PINANG - Wabah Covid-19 berdampak pada jumlah kunjungan pasien rumah sakit.

RSUP Raja Ahmad Thabib Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) di Kota Tanjungpinang mencatat pengurangan kunjungan pasien hingga 50 persen sejak pandemi Covid-19.

Normalnya, jumlah kunjungan pasien rawat jalan hingga 400 orang per hari, namun kini turun sekitar 200 pasien per hari.

“Kami tidak tahu kalau di rumah sakit lain seperti apa. Tapi yang jelas kalau di sini itu terjadi penurunan kunjungan pasien 50 persen sejak wabah Covid-19 pada Maret 2020,” ujar Elfiani Sandri, Plt Direktur RSUP Kepri, Sabtu (18/7/2020).

Sandri memperkirakan penurunan kunjungan dikarenakan pasien khawatir untuk datang ke fasilitas kesehatan, terutama RSUP Kepri yang menjadi rumah sakit rujukan pasien Covid-19.

Pihaknya berharap masyarakat tidak menahan penyakit mereka. Kalau tidak bisa ke RSUP Kepri, masih bisa ke fasilitas kesehatan yang lain.

"Asalkan penyakit-penyakit terutama yang kronis, harus kontrol untuk periksa ulang, tambah obat, geriatri itu tetap harus rutin. Kalau penyakit sederhana di Puskesmas juga bisa,” ujar Sandri.

Karena penurunan jumlah kunjungan pasien rawat jalan, kata Sandri, manajemen RSUP terpaksa menjadwalkan kembali pelayanan di poliklinik.

Selama Covid berlangsung, lanjut Sandri, pelayanan poliklinik tetap beroperasi namun tidak penuh selama seminggu, melainkan hanya dua kali dalam sepekan.

"Tidak ada pembatasan jumlah kunjungan, tapi karena pasien sedikit, sehingga kita lebih efisienkan jadwal pembukaan poliklinik,” jelas Sandri.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kepri covid-19

Sumber : Antara

Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top