Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Group Band Asal Surabaya Positif Covid-19 di Batam, Diisolasi di RSKI Galang

Dari tujuh orang itu, awalnya ada empat orang yang positif. Namun perkembangannya ditambah satu orang. Jadi tinggal tiga orang lagi mau diswab ulang.
Bobi Bani
Bobi Bani - Bisnis.com 13 Juli 2020  |  15:13 WIB
Kepala Dinkes Kota Batam, Didi Kusmarjadi. - Bisnis/Bobi Bani.
Kepala Dinkes Kota Batam, Didi Kusmarjadi. - Bisnis/Bobi Bani.

Bisnis.com, BATAM - Lima personel band asal Surabaya, Jawa Timur (Jatim) dinyatakan positif Covid-19 di Batam. Mereka terkonfirmasi positif setelah satu di antaranya sakit dan menjalani pemeriksaan.

"Mereka di Batam sudah sejak tanggal 20 Juni 2020 dan manggung dibeberapa tempat. Personel yang dinyatakan positif, dibawa ke RSKI (Rumah Sakit Khusus Infeksi) Galang dan tiga orang dilakukan swab ulang," kata Kepala Dinas Kesehatan Batam, Didi Kusmarjadi, Senin (13/7/2020).

Rombongan band asal Surabaya itu, awalnya yang datang sebanyak tujuh orang. Pada prosesnya satu orang personel sakit sehingga diganti. Personel yang akan diganti ini dilakukan rapid test untuk penerbangan dan didapati reaktif.

"Kita evakuasi ke Galang dan hasil pemeriksaan positif," kata Didi lagi.

Dari tujuh orang itu, awalnya ada empat orang yang positif. Namun perkembangannya ditambah satu orang. Jadi tinggal tiga orang lagi mau diswab ulang.

Atas kejadian ini, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi sudah menginstruksikan agar semua penumpang pesawat dirapid test ulang.

Rudi mengungkapkan hasil pemeriksaan swab oleh Tim Analis BTKLPP Batam. Awalnya satu orang yang dinyatakan positif. Namun dalam perkembangannya, empat temannya positif. Dimana tiga orang pria dan satu orang perempuan yang positif.

Mereka yang positif pria berinisial HS (25) sebagai pemusik, beralamat sementara indekos di kawasan perumahan Jalan Bunga Mawar Baloi Kelurahan Batu Selicin, Lubuk Baja, Batam. Dia merupakan kasus baru Covid-19 nomor 255.

"Yang bersangkutan merupakan teman satu group band dari terkonfirmasi positif kasus nomor 247. Saat ini masih dalam perawatan isolasi di RSKI Covid-19 Galang," katanya.

Dijelaskan, bersangkutan sebelumnya berdomisili dan bekerja sebagai pemusik di Surabaya, Jawa Timur. Kemudian 20 Juni 2020 bersama dengan tujuh orang rekan-rekannya satu group band pindah ke Kota Batam untuk memenuhi panggilan bekerja sebagai pemusik di lounge pada salah satu hotel yang terletak di kawasan Baloi Lubuk Baja.

Sehubungan hasil Penyelidikan Epidemiogi (PE) yang dilakukan oleh Tim surveilans Dinas Kesehatan Kota Batam terhadap terkonfirmasi positif kasus nomor 247 tersebut, maka pada tanggal 10 Juli 2020 bertempat di RS Budi Kemuliaan Batam dilakukanlah pengambilan swab tenggorokon dan hasilnya positif.

Kemudian, pria berinisial LASS (26), pemusik, beralamat sementara indekos di kawasan perumahan Jalan Bunga Mawar Baloi Kelurahan Batu Selicin. Merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 256 Kota Batam, yang bersangkutan merupakan teman satu group band dari terkonfirmasi nomor 247 yang saat ini masih dalam perawatan isolasi di RSKI Covid-19 Galang.

Selanjutnya, pria PLS (30), pemusik, beralamat sementara indekos di kawasan perumahan Jalan Bunga Mawar Baloi, kasus baru Covid-19 nomor 255 Batam. Yang bersangkutan merupakan teman satu group band dari Terkonfirmasi Positif Kasus Nomor. 247 yang saat ini masih dalam perawatan isolasi di RSKI Covid-19 Galang.

Sama dengan rekannya, yang bersangkutan sebelumnya berdomisili dan bekerja sebagai pemusik di Surabaya Jawa Timur. "Sehubungan hasil penyelidikan epidemiogi (PE), 10 Juli 2020 di RS Budi Kemuliaan Batam dilakukanlah pengambilan swab tenggorokon. Hasilnya diperoleh pada hari ini dengan terkonfirmasi positif," bebernya.

Kemudian, rekan lainnya, seorang perempuan berinisial VGAP (30), pemusik. Beralamat sementara indekosdi kawasan perumahan Jalan Bunga Mawar Baloi sebagai kasus baru Covid-19 nomor 256 Batam.

"Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti," jelas Rudi.(K41)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

batam surabaya
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top