Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemkab OKI Percepat Pengurusan Dokumen, Satu Hari Langsung Jadi

Pengurusan dokumen kependudukan ditarget satu hari langsung jadi.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 03 Juli 2020  |  13:27 WIB
Petugas Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten OKI, Sumsel, melayani warga yang mengurus dokumen kependudukan - Istimewa
Petugas Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten OKI, Sumsel, melayani warga yang mengurus dokumen kependudukan - Istimewa

Bisnis.com, PALEMBANG – Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatra Selatan, mempercepat pengurusan dokumen kependudukan dengan target satu hari langsung jadi.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten OKI Hendr, mengatakan pihaknya telah meluncurkan inovasi layanan sehari dokumen langsung jadi (Semedi) untuk mempercepat pelayanan.

Layanan Semedi, menurut Hendri, mampu memangkas waktu pembuatan dokumen kependudukan dari tiga hari menjadi satu hari jadi dengan waktu pengerjaan 10 menit.

“Kita pangkas proses pelayanan, satu hari langsung jadi,” kata Hendri, Jumat (3/7/2020).

Hendri melanjutkan, selama enam hari uji coba akan dilakukan pengurusan dokumen untuk pembuatan akta kelahiran, kartu keluarga (KK), akta kematian dan perekaman data Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik.

Percepatan layanan dokumen kependudukan, kata dia, didukung oleh penerapan penandatanganan dokumen kependudukan secara elektronik (TTE) sehingga memungkinan penandatanganan KK dan Akta Kelahiran, secara elektronik oleh pejabat Dinas Dukcapil.

“Kami sudah menerapkan TTE untuk akta kelahiran dan kartu keluarga sehingga mempercepat pelayanan,” ujar Hendri.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kependudukan ogan komering ilir
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top