Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kota Palembang Masih Belum Penuhi Indikator Daerah Aman Covid-19

Indikator daerah yang aman Covid-19, mencakup beberapa hal, seperti penurunan jumlah kasus positif, jumlah kasus ODP dan PDP selama 2 minggu terakhir. 
Walikota Palembang mengecek penerapan PSBB di salah satu checkpoint. istimewa
Walikota Palembang mengecek penerapan PSBB di salah satu checkpoint. istimewa

Bisnis.com, PALEMBANG – Kota Palembang hingga saat ini dinilai belum memenuhi 15 indikator zona aman Covid-19.  Hal tersebut berdasarkan evaluasi yang dilakukan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumatra Selatan.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumsel, Yusri, mengatakan perkembangan penanganan dan penyebaran virus di suatu daerah selalu dievaluasi setiap 2 minggu.

“Saat ini beberapa indikator dari 15 indikator yang ditentukan belum ada yang kita [Palembang] capai, itu berdasarkan evaluasi. Artinya pengendalian penyakit ini belum sepenuhnya tercapai,” kata Yusri, Senin (29/6/2020).

Indikator yang dirancang gugus tugas nasional untuk menuju daerah yang aman Covid-19, mencakup beberapa hal, seperti penurunan jumlah kasus positif, jumlah kasus orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) selama dua minggu terakhir. 

Adapula indikator berupa kenaikan jumlah kasus sembuh dari kasus positif, jumlah selesai pemantauan dan pengawasan ODP dan PDP selama dua minggu terakhir.

Oleh karena itu, kata Yusri, pihaknya selalu mengimbau masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan. 

“Tidak masalah sebenarnya sudah ramai, kita harus hidup produktif dan aman Covid-19, silakan saja beraktivitas tapi harus mencegah penularan Covid-19,” katanya.

Dia mengatakan secara peta status dan sebaran kasus, Kota Palembang memang masih dilambangkan dengan warna pink atau merah. Artinya masih ada transmisi atau penularan kasus secara lokal. 

Menurut dia, Kota Palembang memang rentan untuk terjadi penularan virus lantaran jumlah penduduk yang padat dan menjadi daerah yang banyak disinggahi orang dibanding daerah lain di Sumsel.

Adapun berdasarkan data Gugus Tugas Covid-19 Sumsel per Senin (29/6/2020), terdapat penambahan kasus positif sebanyak 18 orang di Kota Palembang. Sementara total penambahan untuk Provinsi Sumsel mencapai 23 orang, di mana juga berasal dari Kabupaten OKI 1 orang, Banyuasin 1 orang dan Muara Enim 3 orang.

Sementara untuk penambahan pasien sembuh sebanyak 66 orang yang didominasi dari Kota Palembang sebanyak 64 orang, sisanya masing-masing dari Muara Enim dan Ogan Ilir.

Terpisah, Sekretaris Daerah Kota Palembang Ratu Dewa mengatakan dalam waktu dekat akan mengevaluasi perkembangan kasus Covid-19.

“Saya sudah panggil Dinas Kesehatan untuk evaluasi dan akan dilaporkan ke wali kota. Penegakan disiplin protokol kesehatan masih kita berlakukan, sementara untuk pembatasan lagi saya rasa perlu evaluasi dulu,” katanya kepada Bisnis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper