Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sejumlah Proyek Lelang di Riau yang Tertunda Karena Covid-19 Tetap Berlanjut

Pengerjaan sejumlah proyek yang sudah dilelang di Provinsi Riau terkendala oleh pendanaan karena Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melakukan pergeseran anggaran untuk penanganan Covid-19.
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 25 Juni 2020  |  12:20 WIB
Pembangunan konstruksi Jalan Tol Pekanbaru-Dumai pada Kamis (20/2 - 2020). Tol Pekanbaru/Dumai terus dipacu pengerjaannya agar bisa rampung seluruhnya pada April 2020. Hingga 21 Februari 2020 seksi 1 Pekanbaru/Minas sepanjang 9,5 kilometer telah rampung. Bisnis/Agne Yasa.
Pembangunan konstruksi Jalan Tol Pekanbaru-Dumai pada Kamis (20/2 - 2020). Tol Pekanbaru/Dumai terus dipacu pengerjaannya agar bisa rampung seluruhnya pada April 2020. Hingga 21 Februari 2020 seksi 1 Pekanbaru/Minas sepanjang 9,5 kilometer telah rampung. Bisnis/Agne Yasa.

Bisnis.com, PEKANBARU — Pemerintah Provinsi Riau menyiapkan tiga opsi untuk proyek lelang yang sudah final pada masa pandemi Covid-19.

Adapun, pengerjaan sejumlah proyek yang sudah dilelang saat ini terkendala oleh pendanaan karena Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melakukan pergeseran anggaran untuk penanganan Covid-19.

Agussalim, Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setdaprov Riau, menjelaskan beberapa kegiatan yang sebelumnya sudah dilelang terpaksa ditunda karena anggaran tidak tersedia.

Namun demikian, beberapa kegiatan yang telah mendapatkan pemenang tender tetap akan dijalankan dengan beberapa opsi. Pertama, kegiatan tersebut tetap dapat dijalankan dengan kesepakatan bersama bahwa pendanaan dilakukan pada tahun anggaran berikutnya.

"Kalau anggarannya tidak tersedia bisa saja pekerjaan itu dilanjutkan dengan kesepakatan untuk pembayarannya dilakukan tahun depan. Itu bisa saja dilakukan, dengan catatan antara Pokja [kelompok kerja] dan OPD-nya harus melakukan sebuah kesepakatan," kata Agussalim melalui keterangan resmi, Kamis (25/6/2020).

Kedua, kontrak pengerjaan proyek ditunda sementara. Agussalim menjelaskan pengerjaan proyek yang sudah ada pemenang lelangnya dapat dilakukan pada tahun depan setelah anggaran tersedia tanpa kembali dilelang. Namun demikian, Agussalim mengingatkan bahwa opsi kedua ini hanya dapat dilakukan apabila nilai proyeknya tidak berubah.

"Misalnya, si penyedia barang ini mengatakan harga bahan naik, nilai kontraknya harus ditambah, itu tidak boleh, tetap harus sama nilai kontraknya dengan yang ada sekarang. Jadi, hanya pekerjaanya saja yang ditunda tahun depan," ujar Agussalim.

Selanjutnya apabila kedua opsi tersebut tidak dapat dijalankan maka pemerintah akan menghentikan proyek yang sudah dilelang tersebut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

riau Proyek Lelang covid-19
Editor : Nurbaiti
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top