Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ogan Komering Ilir Optimalkan Big Data untuk Sistem Keuangan Pemda

Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir atau OKI, Sumatra Selatan, siap memanfaatkan big data dalam pengelolaan sistem keuangan pemda tersebut.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 18 Juni 2020  |  12:34 WIB
Bupati Kabupaten Ogan Komering Ilir Iskandar. istimewa
Bupati Kabupaten Ogan Komering Ilir Iskandar. istimewa

Bisnis.com, PALEMBANG – Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir atau OKI, Sumatra Selatan, siap memanfaatkan big data dalam pengelolaan sistem keuangan pemda tersebut.

Bupati OKI Iskandar mengatakan kesiapan itu seiring dengan kondisi saat ini di tengah pandemi dan menuju tatanan normal baru yang sarat dengan pemanfaatan teknologi informasi.

“Kami siap untuk tatanan normal baru itu dengan digitalisasi layanan publik termasuk dalam pengelolaan keuangan daerah,” katanya, Kamis (18/6/2020).

Iskandar mengatakan pihaknya fokus pada pengumpulan data aset pemerintah dengan memerhatikan ketersediaan data, aksesibilitas data, dan kualitas data. 

Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan layanan pemerintah dalam peningkatan kualitas kebijakan publik, partisipasi masyarakat, dan pertumbuhan ekonomi melalui pemanfaatan big data pemerintah.

Membangun big data bagi semua instansi pemerintah, kata Iskandar, tidak hanya membutuhkan teknologi Big Data dan infrastruktur Teknologi Informasi (TI) saja, tetapi juga membutuhkan kebijakan, tata kelola, dan kompetensi SDM terkait dengan pemanfaatan data pemerintah itu.

Sebelumnya, Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK )RI Perwakilan Sumsel, Hary Purwaka, mengatakan pihaknya mendorong pemda untuk melakukan digitalisasi sistem keuangan daerah maupun digitilisasi dokumen pertanggungjawaban. 

“Tentu upaya ini akan memudahkan pemda juga untuk melaksanakan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah,” katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ogan komering ilir New Normal
Editor : Nurbaiti
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top