Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

RSUD Musi Banyuasin Bikin Ruang Isolasi PDP Corona Berkonsep Camping Outdoor

Rumah Sakit Umum Daerah atau RSUD Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin, membuat isolasi luar ruangan berkonsep camping untuk penanganan pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 17 Juni 2020  |  16:31 WIB
RSUD Musi Banyuasin Bikin Ruang Isolasi PDP Corona Berkonsep Camping Outdoor
Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid/19 di Kabupaten Musi Banyuasin mengikuti kegiatan yang ada di RSUD Sekayu. istimewa

Bisnis.com, PALEMBANG – Rumah Sakit Umum Daerah atau RSUD Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin, membuat isolasi luar ruangan berkonsep camping untuk penanganan pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19.

Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex mengatakan klinik luar ruangan (outdoor) yang dirancang RSUD milik Pemkab Muba itu digunakan untuk terapi pasien.

“Keberadaan klinik outdoor yang desainnya seperti areal outbond ini sebagai persiapan tatanan baru dan untuk penyembuhan pasien Covid-19,” katanya, Rabu (17/6/2020).

Menurut Dodi, saat pasien Covid-19 harus  dikarantina atau diisolasi selama minimal 2 minggu dan pasti ada rasa bosan. Klinik outdoor tersebut unutk mengatasi kebosanan dan depresi yang sering dirasakan pasien.

Direktur RSUD Sekayu, Makson Parulian Purba, menjelaskan bahwa terapi dengan suasana alam diisi dengan berbagai kegiatan untuk mendukung hidup sehat dan kesembuhan pasien.

“Ada olahraga sore hari, kegiatan api unggun untuk merefleksi diri selama sebelum tertular Covid-19 dan pentas oleh pasien,” katanya.

Tujuannya, kata Makson, untuk membangun kepercayaan diri melalui dinamika outbound agar kuat menghadapi stigma di masyarakat pasca isolasi.

Dia mengatakan semua lini di RSUD Sekayu disertakan, selain fasilitas medis, klinik lapangan Covid-19 dilengkapi dengan fasilitas medis dan fasilitas outbound

“Jika pasien happy tidak tertekan atau depresi, imunitas akan meningkat dan antibodi akan diproduksi lebih banyak. Sehingga bisa mengikat dan menetralkan virus,” jelasnya.

Fasilitas klinik outdoor RSUD Sekayu itu mampu menampung sebanyak 8 pasien Covid-19. Pasien juga tetap akan berada di ruang isolasi di dalam RSUD Sekayu setelah mengikuti rangkaian kegiatan di luar ruangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

musi banyuasin covid-19
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top