Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BNI Palembang Gelar 2.000 Tes Swab Gratis untuk Semua Kalangan

BNI Kantor Wilayah Palembang menggelar 2.000 tes swab gratis bagi masyarakat di Kota Palembang untuk membantu pemerintah daerah dalam menanggulangi pandemi Covid-19.
Peserta test swab menjalani proses tes yang diselenggarakan BNI Wilayah Palembang di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang. bisnis-dinda wulandari
Peserta test swab menjalani proses tes yang diselenggarakan BNI Wilayah Palembang di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang. bisnis-dinda wulandari

Bisnis.com, PALEMBANG - BNI Kantor Wilayah Palembang menggelar 2.000 tes swab gratis bagi masyarakat di Kota Palembang untuk membantu pemerintah daerah dalam menanggulangi pandemi Covid-19. 

Head of Region BNI Wilayah Palembang Dodi Widjajanto mengatakan swab test menjadi salah satu senjata penting dalam upaya bersama menekan penyebaran virus corona.

“Ini langkah kami yang nyata dan langsung untuk ikut membantu percepatan deteksi pasien yang terpapar Covid-19 di Sumatra Selatan,” katanya saat pembukaan kegiatan di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Senin (8/6/2020).

Dodi mengatakan dalam pelaksanaan tes swab tersebut pihaknya menggandeng jaringan Rumah Sakit Bunda Jakarta, JSK Group dan Rumah Sakit Bhayangkara Polda Sumsel.

Menurut Dodi, peserta tes swab terdiri dari berbagai lapisan masyarakat dan dan profesi,  mulai dari masyarakat umum, tenaga medis, anggota kepolisian, anggota TNI, wartawan, PNS, pegawai lembaga negara & kementerian, nasabah BNI dan pegawai BUMN di Kota Palembang.

“Melalui pemeriksaan ini akan diperoleh data yang akurat sehingga mempercepat penanganan kasus Covid-19 terutama bagi tenaga medis yang berada di garda depan,” katanya.

Dia mengemukakan, gelaran tes swab gratis merupakan program BNI secara nasional yang ditujukan untuk 30.000 peserta di Indonesia.

Sebelumnya, perseroan telah menggelar kegiatan serupa di Jakarta dan Padang. Sumsel merupakan satu dari 6 provinsi yang disasar BNI untuk program BNI Berbagi Swab Test. 

Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya mengatakan pihaknya mengapresiasi langkah yang telah dilakukan bank pelat merah tersebut.

“Ini kesempatan bagi masyarakat Sumatra Selatan khususnya di Kota Palembang untuk mendapatkan fasilitas tes swab gratis sebagai bentuk partisipasi komponen masyarakat dalam penanganan Covid-19 bersama pemerintah,” paparnya.

Secara terpisah CEO JSK Group, Dennis Jang Sang Kyu, menambahkan untuk memastikan fasilitas pengujian yang aman dan akurat kepada masyarakat, pihaknya mendatangkan alat-alat pengujian dari Korea.

“Mulai dari PCR Swab Test Kit, tenda medis yang bertekanan, bilik pengujian yang memungkinkan pengujian Covid-19 yang aman, baik untuk tenaga medis maupun pasien yang dilakukan secara berkelanjutan,” katanya.

Direktur Bisnis dan Marketing Bunda Group, Yusrahma Nurina, menambahkan pihaknya telah melakukan pemeriksaan RT-PCR sejak awal pandemi, sesuai dengan rekomendasi Kementerian Kesehatan RI sebagai jejaring laboratorium swasta untuk Covid-19. 

Dengan infrastruktur, teknologi laboratorium serta tenaga yang profesional, Group Rumah Sakit Bunda mampu mengerjakan lebih dari 500 tes per hari.

Pelaksanaan swab tes gratis dilengkapi pemantauan epidemiologi dan follow up kasus yang berkolaborasi dengan Rumah Sakit Bhayangkara Polda Sumsel Palembang dan hasilnya dilaporkan kepada Dinas Kesehatan Kota Palembang. 

“Hal tersebut merupakan bagian yang sangat penting dalam peningkatan kecepatan penanganan kasus positif Covid-19,” katanya.

Diketahui, selama masa pandemi, BNI Wilayah Palembang telah menyalurkan bantuan CSR berupa 950 APD Hazmat Suit, 100 APD Full Set dan 5.000 masker yang telah disalurkan kepada beberapa rumah sakit rujukan dan tenaga medis di wilayah Sumsel. 

Perseroan juga memberikan bantuan berupa paket sembako untuk seluruh lapisan masyarakat yang membutuhkan dengan total 2.421 paket sembako yang dibagikan kepada masyarakat yang terdampak langsung.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper