Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemprov Sumsel Siagakan Tower Wisma Atlet Jakabaring untuk Pasien Covid-19

Pemerintah Provinsi Sumsel menyiapkan satu tower di Wisma Atlet Jakabaring Sport City Palembang untuk menangani pasien dalam pengawasan atau PDP Covid-19.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 12 Mei 2020  |  11:47 WIB
Petugas merapikan tempat tidur di salah satu kamar Wisma Atlet Jakabaring Palembang, Sumatera Selatan, Senin (30/3/2020). Pemerintah Proviinsi Sumsel menyiapkan 900 unit kamar Wisma Atlet Jakabaring Palembang untuk menampung Orang Dalam Pemantauan (ODP) paparan Covid-19. - Antara/Feny Selly\n
Petugas merapikan tempat tidur di salah satu kamar Wisma Atlet Jakabaring Palembang, Sumatera Selatan, Senin (30/3/2020). Pemerintah Proviinsi Sumsel menyiapkan 900 unit kamar Wisma Atlet Jakabaring Palembang untuk menampung Orang Dalam Pemantauan (ODP) paparan Covid-19. - Antara/Feny Selly\\n

Bisnis.com, PALEMBANG – Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) menyiapkan satu tower di Wisma Atlet Jakabaring Sport City Palembang untuk menangani pasien dalam pengawasan atau PDP Covid-19.

Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya mengatakan tower nomor 8 itu akan dijadikan tempat khusus perawatan PDP Covid19 ringan yang ada di Sumsel.

“Ini kita lakukan sebagai langkah antisipasi jika nanti ada PDP ringan yang tidak tertampung lagi di rumah sakit,” katanya, Selasa (12/5/2020).

Sejauh ini, kata dia, persiapan tower PDP Covid-19 yang dilakukan sudah cukup baik mulai dari kamar, peralatan dan lain sebagainya.

“Jadi jika nantinya meningkat, kita sudah siap. Untuk saat ini PDP masih bisa dilakukan perawatan di rumah sakit,” katanya.

Sementara itu, Pelaksana Harian ODP Center Jakabaring Aufa Syahrizal menjelaskan, penanganan untuk PDP Covid-19 di ODP Center akan berbeda dengan penanganan pasien kategori ODP. Penanganan ODP akan melibatkan tenaga medis serta alat kesehatan yang lengkap.

"Tempatnya jauh dengan tempat karantina ODP. Tim medis sudah menyiapkan alat kesehatan yang dibutuhkan. Ruangan isolasi maupun ruangan gawat darurat juga kita siapkan," ujarnya.

Dikatakan, sejauh ini sudah ada volunteer atau sukarelawan yang disiagakan di tower PDP Covid-19 tersebut. Sukarelawan tersebut memiliki basis tenaga media sehingga jika sewaktu-waktu dibutuhkan bisa langsung bergerak cepat. 

“Mudah-mudahan ini efektif dan ini juga merupakan langkah pemerintah untuk memfasilitasi penanganan Covid-19,” katanya.

Berdasarkan catatan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumsel, jumlah PDP keseluruhan hingga 11 Mei 2020 mencapai 313 orang. Adapun PDP selesai pengawasan  sebanyak 151 orang, sementara dalam proses pengawasan sebanyak 162 orang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumsel covid-19
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top