Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Rumah Sakit di Sumsel Diminta Tambah ICU Khusus Pasien Corona

Pemerintah Provinsi Sumsel meminta setiap rumah sakit di provinsi itu untuk menambah ruang intensive care unit (ICU) untuk penanganan pasien tertular Virus Corona (Covid-19).
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 29 April 2020  |  11:45 WIB
Gubernur Sumsel Herman Deru (kanan). istimewa
Gubernur Sumsel Herman Deru (kanan). istimewa

Bisnis.com, PALEMBANG - Pemerintah Provinsi Sumsel meminta setiap rumah sakit di provinsi itu untuk menambah ruang intensive care unit (ICU) untuk penanganan pasien tertular Virus Corona (Covid-19).

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan apalahi saat ini penularan wabah tersebut kian masif di wilayah itu.

“Saya intruksikan setiap rumah sakit menambah ruang ICU untuk perawatan para pasien. Tidak terkecuali, baik rumah sakit di Palembang maupun rumah sakit di kabupaten/kota,” katanya, Rabu (29/4/2020).

Apalagi, keberlangsungan wabah Covid-19 tersebut tidak bisa diprediksi sampai kapan. Sehingga, kata dia, setiap langkah yang dilakukan harus selalu dievaluasi berdasarkan perkembangan pandemi global itu.

“Kita dituntut untuk selalu siap, termasuk menambah ICU di rumah sakit untuk menampung jika pasien yang kondisinya memang menurun,” katanya.

Dia menjelaskan, penambahan ruang ICU tersebut bisa memanfaatkan atau mengalihkan ruangan lain yang masih bisa digunakan.

“Bisa mengalihkan ruangan lain menjadi ruang ICU misalnya atau mengubah UGD (unit gawat darurat). Yang jelas ruang ICU di rumah sakit harus ditambah,” ujarnya.

Hal itu, lanjutnya, demi mendorong percepatan penanganan Covid-19. Termasuk juga untuk Alat Pelindung Diri (APD). Gubernur  mempersilakan kabupaten/kota mengajukan pengadaan APD ke Pemprov Sumsel.

“Kalau nantinya ada peralatan yang kurang, bisa minta kepada Pemprov. Untuk APD juga, rumah sakit sampai Puskesmas silakan ajukan,” katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumsel Virus Corona covid-19
Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top