Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lebih Banyak PDP COVID-19 yang Meninggal daripada Pasien Positif di Riau, Ini Penjelasannya

Lebih banyaknya Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang meninggal ketimbang pasien positif Covid-19 di Provinsi Riau disebut karena beratnya penyakit bawaan dari PDP tersebut.
Petugas pemakaman menurunkan peti jenazah pasien COVID-19/Bisnis-Arief Hermawan P
Petugas pemakaman menurunkan peti jenazah pasien COVID-19/Bisnis-Arief Hermawan P

Bisnis.com, PEKANBARU—Lebih banyaknya Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang meninggal ketimbang pasien positif COVID-19 di Provinsi Riau disebut karena beratnya penyakit bawaan dari PDP tersebut.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Riau per 15 April 2020 pukul 07.31 WIB, terdapat 20 orang PDP yang telah meninggal. Adapun, masih ada 139 orang yang masih dirawat dan 113 orang telah dinyatakan sembuh dan dipulangkan.

Sementara itu, pasien positif COVID-19 yang meninggal di Riau sebanyak 2 orang. Sebanyak 16 orang masih dirawat dan 2 orang dinyatakan sembuh dan dipulangkan.

Juru Bicara Tim Penanggulangan COVID-19 Provinsi Riau, dr Indra Yovi Sp.P (K) menjelaskan bahwa lebih banyak PDP yang meninggal di Provinsi Riau ketimbang pasien positif COVID-19 disebabkan oleh beratnya penyakit penyerta dari PDP tersebut.

“Kasus PDP yang meninggal relatif dengan kondisi yang berat dan dengan penyakit penyerta yang juga berat, seperti stroke, DBD dengan pendarahan spontan, DM tidak terkontrol, usia lanjut, dan masuk ke RS dengan kondisi yang juga sudah perburukan terutama paru-parunya,” jelas Indra di Pekanbaru, Rabu (15/4/2020).

Dirinya melanjutkan saat ini semua pasien positif COVID-19 yang dirawat dalam kondisi stabil. Salah seorang pasien positif dari Kabupaten Rokan Hulu yang pada awal masuk rumah sakit dengan kondisi berat juga disebut saat ini telah semakin membaik.

Dalam kesempatan terpisah, Juru Bicara Pemerintah Kota Pekanbaru untuk Percepatan Penanganan COVID-19 dr. Mulyadi mengatakan terdapat penambahan sebanyak 3 pasien positif COVID-19 yang dinyatakan sembuh dan telah diperbolehkan pulang per 14 April 2020.

"Alhamdulillah, ketiga pasien yang sudah dinyatakan sembuh ini telah diperbolehkan pulang. Jadi total pasien yang sembuh dan dipulangkan sampai hari ini berjumlah 4 orang," kata Mulyadi.

Dengan demikian, total kasus positif COVID-19 di Pekanbaru saat ini berjumlah 11 kasus, dengan rincian 4 orang dinyatakan sehat dan diperbolehkan pulang, 5 orang masih dirawat, serta 2 orang meninggal dunia.

Selanjutnya untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah sebanyak 102 orang, dengan perincian 50 orang masih dirawat, 46 orang sehat, dan 6 orang meninggal dunia.

Orang Dalam Pemantauan (ODP) berjumlah 3.507 orang dengan rincian 1.954 orang di telah selesai dipantau, dan 1.553 orang masih proses pemantauan.

Sementara total ODP di Provinsi Riau tercatat sebanyak 11.111 orang masih dalam proses pemantauan dan 23.114 orang telah selesai pemantauan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dwi Nicken Tari
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper