Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Update Corona: Pasien Sembuh COVID-19 di Sumsel Ungkap Obat Paling Mujarab

Sembuh dari serangan pandemi dunia itu, kini NW menebar semangat dan optimisme bagi pasien lainnya yang tengah berjuang menghadapi COVID-19.
NW, warga Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumsel, dinyatakan sembuh dari virus corona setelah swab test menunjukkan hasil negatif. istimewa
NW, warga Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumsel, dinyatakan sembuh dari virus corona setelah swab test menunjukkan hasil negatif. istimewa

Bisnis.com, PALEMBANG – Kabar baik kembali datang dari Sumatra Selatan. Salah satu pasien yang dinyatakan positif terjangkit virus corona atau COVID-19 berhasil sembuh dari wabah tersebut.

NW, 53 tahun, merupakan satu dari dua pasien yang sudah dinyatakan sembuh dari corona di Sumatra Selatan pada Sabtu (11/4). Warga Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) itu pun berharap kesembuhannya menjadi semangat bagi sesama penyintas corona.  

Pada pengujung bulan lalu, NW harus tabah menerima lembar pemeriksaan uji laboratorium yang memuat hasil bahwa dirinya positif COVID-19. Sebelumnya, NW pun telah melewati serangkaian tahapan mulai dari orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP) hingga dipastikan positif corona.

“Pertama kali divonis positif corona saya terima dengan lapang dada, saya ikuti prosedur dari rumah sakit dan pemerintah,” katanya, Minggu (12/4/2020).

NW mengemukakan gejala terpapar virus corona mulai dirasakannya setelah pulang dari  bepergian ke salah satu kota di Pulau Jawa. Dia mulai merasakan demam, tetapi tidak tinggi. Dia pun kemudian memeriksakan kesehatan di salah satu praktik dokter di Kota Kayuagung, Kabupaten OKI.

“Itu hari ketiga setelah saya pulang, saya pergi ke dokter. Dokter marah karena saya bepergian. Lalu saya ke salah satu rumah sakit swasta di Palembang,” katanya.

Selanjutnya, pihak rs swasta tersebut merujuk NW untuk menjalani pemeriksaan di RSUP Mohammad Hosein yang merupakan rumah sakit rujukan COVID-19 di Kota Palembang.

NW yang menjadi pasien positif COVID-19 di OKI itu mengaku menjadi penyintas corona tidaklah mudah. Pasien yang diisolasi harus terpisah dari keluarganya dan tak bisa beraktivitas seperti biasa, layaknya yang dilakukan di rumah.

Setelah dinyatakan sembuh dan kembali berkumpul dengan keluarganya, NW  pun dengan kesadaran tinggi tetap tidak keluar rumah, dan kembali mengisolasi diri secara mandiri.

"Sekarang sudah di rumah, saya isolasi mandiri tidak keluar kamar" tutur dia.

Sembuh dari serangan pandemi dunia itu, kini NW menebar semangat dan optimisme bagi pasien lainnya yang tengah berjuang menghadapi COVID-19.

Tak hanya itu, NW berharap masyarakat tidak memandang sebelah mata terhadap pengidap COVID-19 lantaran corona bukanlah aib.

“Ini bukan salah kita. Ini bukan aib, jadi jangan ditutup-tutupi. Justru kita harus segera periksa ke petugas medis yang tepat agar ditangani secara cepat,baik, dan benar,” katanya.

Dia menambahkan dukungan dari pihak keluarga sangat dibutuhkan oleh penyintas Corona. Selama menjalani masa isolasi, perhatian dan kasih sayang dari keluarga menambah semangatnya NW untuk berjuang melawan virus tersebut.

Bagi NW, obat utama yang mujarab untuk membuatnya sembuh adalah semangat dari dalam diri dan dukungan keluarga. 

"Jangan disisihkan. Jangan memandang sinis. Namun, berilah dukungan dengan menyemangati, orang seperti kami sangat butuh perhatian, butuh kasih sayang ketika berjuang melawan virus ini. Itulah obat utama menuju kesembuhan," katanya.

Dia menambahkan keterbukaan pasien merupakan salah satu kunci menuju kesembuhan dengan hasil swab test negatif. Di samping penanganan dari tim medis.

“Kita yang terpapar, harus terbuka kepada pihak [petugas medis] yang benar. Saya sangat mengapresiasi upaya pemerintah. Terutama pihak RSMH yang telah merawat saya dengan baik,” katanya.

Dia melanjutkan apa yang ada di pikiran pasien, menurut dia, menjadi salah satu faktor penting yang memengaruhi imun tubuh. Sehingga dia pun sedapat mungkin tak panik selama menjadi pasien positif corona.

“Kita dapat mencegahnya [virus corona] dengan pikiran positif. Setiap orang harus waspada, selalu mengikuti imbauan pemerintah, rutin cuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper