Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemkab Musi Banyuasin Siapkan Rp500 Miliar untuk Tangani Corona

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin menyiapkan dana Rp500 miliar dari realokasi 30 persen APBD tahun 2020 untuk penanganan Covid-19.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 31 Maret 2020  |  17:07 WIB
Ilustrasi Virus Corona (Covid/19)
Ilustrasi Virus Corona (Covid/19)

Bisnis.com, PALEMBANG - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin menyiapkan dana Rp500 miliar dari realokasi 30 persen APBD tahun 2020 untuk penanganan Covid-19.

Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex mengatakan alokasi tersebut juga digunakan untuk persiapan jaring pengaman sosial akibat dampak pandemi global tersebut.

“Alokasi itu ditujukan untuk bantuan tunai, bantuan sembako, pembelian APD (alat pelindung diri), alat kesehatan dan penanganan Covid-19 serta jaringan pengaman sosial lainnya,” katanya, Selasa (31/3/2020).

Dodi melanjutkan jaring pengaman sosial itu ditujukan terutama untuk pekerja harian dan warga kurang mampu. 

“Dana ini diharapkan bisa melindungi para pekerja tersebut dari dampak pelemahan ekonomi akibat pandemi Virus Corona,” kata dia.

Diamengatakan, selain menyiapkan dana jaring pengaman sosial, pemkab juga mempercepat realisasi penyaluran dana desa untuk menekan dampak ekonomi akibat penyebaran Covid-19.

Oleh karena itu, pemkab mendorong kepala desa segera menggelar Bamus Desa untuk membuat APBDes.

Upaya ini agar dana desa segera ditransfer ke kas desa sehingga program padat karya yang bakal dilaksanakan dapat menyelamatkan warga.

“Tentunya menjaga kestabilan ekonomi juga menjadi perhatian kami di tengah upaya pencegahan penyebaran Virus Corona,” kata dia.

Dia menambahkan pemkab tetap berupaya memutus mata rantai penyebaran virus corona, meski hingga kini belum memiliki kasus positif COVID-19.

Salah satu cara yang ditempuh pemkab bersama pihak terkait adalah memperketat pintu masuk ke kabupaten itu.

“Terdapat lima titik pintu masuk yakni pintu masuk perbatasan Kabupaten Muba dengan daerah maupun provinsi tetangga,” katanya.

Kelimat titik tersebut meliputi perbatasan Muba dengan Provinsi Jambi di Kecamatan Bayung Lencir, Kabupaten Muba dengan Kabupaten Banyuasin di Kecamatan Lais dan Kecamatan Babat Supat. 

Selanjutnya perbatasan Kabupaten Muba dengan Kebupaten Musi Rawas di Kecamatan Sanga Desa dan Kabupaten Muba dengan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir di Kecamatan Sungai Keruh.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona musi banyuasin covid-19
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top