Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Trafo Interbus Transformer Unit 2 GI Kilianjaro Salurkan Listrik 500 MVA

Trafo IBT merupakan bagian dari gardu induk yang berfungsi untuk menyalurkan tenaga atau daya listrik dari tegangan tinggi ke tegangan rendah atau sebaliknya.
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 30 Maret 2020  |  11:15 WIB
Penampakan trafo Interbus Transformer (IBT) unit 2 Gardu Induk (GI) Kiliranjao di Kabupaten Sijunjung, Sumatra Barat. - Istimewa / PLN
Penampakan trafo Interbus Transformer (IBT) unit 2 Gardu Induk (GI) Kiliranjao di Kabupaten Sijunjung, Sumatra Barat. - Istimewa / PLN

Bisnis.com, PEKANBARU - PT PLN (Persero) melakukan pemberian tegangan pertama atau energize trafo Interbus Transformer (IBT) unit 2 Gardu Induk (GI) Kiliranjao di Kabupaten Sijunjung, Sumatra Barat.

Trafo IBT merupakan bagian dari gardu induk yang berfungsi untuk menyalurkan tenaga atau daya listrik dari tegangan tinggi ke tegangan rendah atau sebaliknya.

Dengan begitu, GI Kiliranjao dapat menyalurkan listrik hingga 500 MVA. Wiluyo Kusdwiharto, Drektur Bisnis Regional Sumatera PLN, mengatakan dengan berhasilnya proses energize IBT-2 pada GI Kiliranjao ini telah meningkatkan kapasitas penyaluran tenaga listrik sebesar 250 MVA (Mega Volt Ampere), sehingga saat ini GI Kiliranjao dapat menyalurkan listrik hingga 500 MVA.

“Beroperasinya IBT-2 ini membuat pasokan listrik di Sumatera, khususnya wilayah Sumatera Bagian Selatan, Tengah, dan Utara semakin kuat dan andal dengan adanya tambahan daya yang dapat disalurkan sebesar 250 MVA,” kata Wiluyo melalui keterangan resmi, Senin (30/3/2020).

Wiluyo melanjutkan apabila digunakan untuk mengalirkan listrik ke rumah tangga, trafo sebesar 250 MVA dapat menyalakan lebih dari 192.000 pelanggan rumah tangga berdaya 1.300 Volt Ampere (VA).

Beroperasinya IBT-2 GI Kiliranjao disebut juga membuat PLN berpotensi menghemat hingga Rp105 miliar per bulan. Pasalnya, pasokan daya dari pembangkit yang kurang efisien dapat digantikan dengan pasokan daya pembangkit yang lebih efisien dari sistem 275 KV.

Wiluyo pun mengajak kepada para investor untuk lebih percaya diri mengembangkan maupun membangun bisnis di Pulau Sumatera dengan dukingan kelistrikan tersebut.

“Dengan modal ini, PLN siap mendorong pertumbuhan investasi di Sumatera Utara. Para investor tak perlu bingung, urus saja bisnisnya, biar PLN yang urus listriknya,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PLN listrik gardu induk
Editor : David Eka Issetiabudi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top