Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tiba di Pelabuhan Batam, 81 TKI Malaysia Bermasalah akan Dikarantina di Tanjung Pinang

Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Johor, Malaysia tiba di Pelabuhan Internasional Batam Centre, Batam pada Selasa (24/3) siang. Selanjutnya, mereka akan dikarantina di Tanjungpinang.
Bobi Bani
Bobi Bani - Bisnis.com 24 Maret 2020  |  19:09 WIB
Sebanyak 81 TKI Malaysia bermasalah tiba di Pelabuhan Internasional Batam Centre, Selasa (24/3/2020). Mereka disemprot desinfektan saat keluar dari kapal. - Bisnis/Bobi Bani.
Sebanyak 81 TKI Malaysia bermasalah tiba di Pelabuhan Internasional Batam Centre, Selasa (24/3/2020). Mereka disemprot desinfektan saat keluar dari kapal. - Bisnis/Bobi Bani.

Bisnis.com, BATAM - Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Johor, Malaysia tiba di Pelabuhan Internasional Batam Centre, Batam pada Selasa (24/3) siang. Selanjutnya, mereka akan dikarantina di Tanjungpinang.

Kedatangan mereka disambut oleh petugas dengan APD dan alat penyemprotan cairan desinfektan tak jauh dari muka kapal yang bersandar.

Ketika melintas menuju bus yang telah disediakan, 81 TKI ini lebih dulu menjalani pemeriksaan suhu dan disiram oleh cairan desinfektan. Petugas juga membekali mereka dengan masker sebagai kelengkapan.

Kepala Kantor Imgrasi Kelas 1 TPI Batam, Romi Yudianto menuturkan, pemulanganini berkaitan dengan masalah yang didapat oleh para TKI, utamanya terkait dengan masa ijin tinggal mereka yang sudah berakhir.

Ia juga menjelaskan kalau kondisi ini sudah berlangsung beberapa kali sebelumnya. Yang membedakannya, hanya pada penanganan kesehatan para TKI yang lebih ketat terkait dengan pandemi Virus Corona atau Covid-19.

"Mereka punya dokumen resmi, SPLP (Surat Perjapalanan Laksana Paspor) yang khusus bagi TKI yang bermasalah di Malaysia. Pemulangan mereka sudah biasa kita lakukan ketika bermasalah di sana. Mereka yang ijin tinggalnya sudah habis dan bermasalah, dipukangkan ke Batam Centre," kata Romi di Pelabuhan Internasional Batam Centre, Batam pada Selasa (24/3/2020).

Sementara itu, penanganan medis untuk para TKI ini sudah merupakan hasil koordinasi dengan instansi kesehatan di Batam agar mereka steril ketika masuk ke Batam.

"Ini merupakan pengamanan buat kita juga, agar TKI ini steril dari Covid-19, maka kita koordinasi dengan KKP dan instansi terkait," kata Romi lagi.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, Didi Kusumarjadi menuturkan, ke-81 TKI asal Malaysia tersebut, langsung dibawa menuju Kota Tanjungpinang untuk menjalani proses karantina.

Hal itu bisa dilakukan mengingat hasil pemeriksaan yang dilakukan di pelabuhan tidak mendapati adanya TKI yang miliki gejala Covid-19.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

batam TKI Virus Corona covid-19
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top