Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

ODP COVID-19, Paramedis, & Wartawan Prioritas Rapid Test di Kepri

Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau menyatakan wilayah itu memerlukan rapid test untuk memeriksa kondisi kesehatan tenaga medis, paramedis, dan masyarakat COVID-19.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 24 Maret 2020  |  14:32 WIB
Ilustrasi proses disinfektan untuk membunuh virus corona. - Reuters
Ilustrasi proses disinfektan untuk membunuh virus corona. - Reuters

Bisnis.com, TANJUNGPINANG – Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau menyatakan wilayah itu memerlukan rapid test untuk memeriksa kondisi kesehatan tenaga medis, paramedis, dan masyarakat COVID-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kepri Tjetjep Yudiana mengatakan rapid test diperlukan untuk mempercepat pemeriksaan kesehatan paramedis dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) COVID-19.

"Kami mendapat informasi pemerintah pusat sudah membeli alat rapid test. Mudah-mudahan ini segera didistribusikan ke Kepri," ujarnya di Tanjungpinang, ibu kota Provinsi Kepri, pada Selasa (24/3/2020).

Tjetjep mengaku belum mengetahui berapa banyak alat rapid test yang didistribusikan ke Kepri. Namun jumlah yang dibeli pemerintah pusat juga terbatas, tidak untuk seluruh masyarakat, melainkan hanya digunakan kepada ODP dan orang-orang yang rentan terinfeksi COVID-19.

Oleh karena itu, lanjutnya, untuk tahap awal pemeriksaan dilakukan kepada ODP dan seluruh paramedis. Kemudian dilanjutkan kepada pejabat dan staf pemerintahan yang masih melakukan pelayanan publik.

Kelompok lainnya yakni wartawan. Wartawan termasuk kelompok rentan terinfeksi virus itu lantaran melakukan liputan peristiwa dan kontak langsung dengan berbagai pihak. "Untuk sementara itu yang diperioritaskan," ucapnya.

Tjetjep mengemukakan untuk satu orang bisa dilakukan pemeriksaan lebih dari sekali. Rapid Test cukup akurat sebagai alat pemeriksaan kesehatan.

Karena itu, menurut dia alat tersebut sangat membantu masyarakat untuk memastikan apakah mereka terjangkit COVID-19 atau tidak. "Tingkat akurasinya lebih dari 90 persen," ucapnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kepri Virus Corona covid-19

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top