Sumut Libatkan Relawan untuk Telusuri Kontak terkait Covid-19

Pemerintah Daerah Sumatra Utara berupaya menggencarkan penelusuran terhadap masyarakat yang melakukan kontak dengan pasien positif virus corona. Salah satunya dengan melibatkan relawan.
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 21 Maret 2020  |  22:49 WIB
Sumut Libatkan Relawan untuk Telusuri Kontak terkait Covid-19
Petugas medis berada di dalam ruangan infeksius Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Adam Malik Medan, Sumatera Utara, Rabu (4/3/2020). Pihak RSUP Adam Malik mengumumkan empat warga yang dirawat rumah sakit itu terkait dugaan COVID-19 dinyatakan negatif dan tiga orang diantaranya sudah dipulangkan. ANTARA FOTO - Septianda Perdana

Bisnis.com, MEDAN - Dinas Kesehatan Sumatra Utara memperkuat upaya tracing kontak pasien terkait Covid-19, dengan melibatkan relawan dari unsur masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Sumatra Utara Alwi mengatakan kasus positif virus corona atau Covid-19 di Sumatra Utara tercatat mencapai 2 orang. Angka ini tidak berubah sejak Kamis (19/3/2020).

Sedangkan jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) dan orang dalam pemantauan (ODP) bertambah pesat. Pasalnya hingga Sabtu (21/3/2020) pukul 17.00 WIB, jumlah PDP tercatat sebanyak 48 orang yang tersebar di lima kabupaten/kota.

PDP yang telah pulang dan dinyatakan negatif sebanyak 3 orang. Sementara itu, ODP tercatat 338 orang.

"Kami berharap orang dalam pemantauan ini dengan sukarela untuk tetap tinggal di rumah, melakukan karantina diri agar tidak ada penularan," katanya dalam konferensi pers pada Sabtu (21/3/2020).

Lebih lanjut, Dinas Kesehatan terus memperkuat tracing kontak pasien terkait Covid-19 dengan melibatkan relawan Pramuka, MER-C, dan beberapa organisasi masyarakat kepemudaan.

"Kami sudah merekrut relawan dari masyarakat yang kami latih untuk ikut serta dalam melakukan tracing," imbuhnya. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
sumatra, Virus Corona

Editor : Yustinus Andri DP
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top