Riau Siapkan Rp11 Miliar untuk Tanggulangi Virus Corona

Untuk menanggulangi virus Corona, pemerintah Riau menyiapkan dana hingga Rp11 miliar. Pemprov pun meminta masyarakat untuk tidak panik dalam menghadapi pandemi ini.
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 19 Maret 2020  |  14:21 WIB
Riau Siapkan Rp11 Miliar untuk Tanggulangi Virus Corona
Rumah Sakit Ahmad Tabib Provinsi Kepulauan Riau di Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau. - Antara/Nikolas Panama

Bisnis.com, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau menyiapkan Dana Tak Terduga (DTT) sekitar Rp11 miliar untuk menangani virus corona (Covid-19) di Bumi Lancang Kuning.

Syamsuar, Gubernur Riau, mengatakan bahwa masyarakat tak perlu khawatir untuk masalah dana, karena pemerintah telah menyiapkannya.

"Untuk masalah dana tidak usah dirisaukan. Karena kita ada Rp11 miliar lebih. Itu sudah tanggung jawab pemerintah pusat, dana daerah untuk penanganan Covid-19,” ujarnya seperti dikutip dari Laman Resmi Pemprov Riau, Kamis (19/3/2020).

Syamsuar melanjutkan, penggunaan anggaran, baik APBN maupun APBD, untuk penanganan penyebaran virus Corona di daerah telah ada petunjuk dari Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri, dan Menpan RB.

Dengan demikian, Syamsuar menegaskan bahwa pemerintah daerah sebagai perpanjangan tangan dari pusat akan bekerja sesuai petunjuk tersebut. Melalui video conference dengan kepala daerah di Provinsi Riau, Syamsuar juga mengingatkan pentingnya melaksanakan Peraturan Presiden (PP) nomor 7 tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid—19.

"Apapun kebijakan Presiden hari ini kita taati dan akan menjadi bahan kita dalam penanganan penyebaran virus corona di daerah," tutur Syamsuar.

Dalam rangka membatasi penyebaran virus Corona di Riau, Syamsuar mengajak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menghentikan kegiatan yang tidak terlalu mendesak dan penting. Untuk sementara, para pejabat daerah juga diminta untuk memanfaatkan sumber daya yang ada seoptimalnya.

"Pada intinya Riau siap menggunkan APBD dan DTT untuk penanganan Corona di Riau," imbuh Syamsuar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
riau, Virus Corona, covid-19

Editor : Andya Dhyaksa
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top