BPS Targetkan Sensus Online 20 Persen Penduduk Kabupaten OKI

Badan Pusat Statistik atau BPS Kabupaten Ogan Komering Ilir menargetkan 20 persen penduduk kabupaten itu tercatat dalam sensus penduduk secara online.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 18 Februari 2020  |  15:50 WIB
BPS Targetkan Sensus Online 20 Persen Penduduk Kabupaten OKI
Bupati Kabupaten OKI Iskandar didampingi BPS OKI melakukan pengisian sensus penduduk secara online. Istimewa

Bisnis.com, PALEMBANG - Badan Pusat Statistik atau BPS Kabupaten Ogan Komering Ilir menargetkan 20 persen penduduk kabupaten itu tercatat dalam sensus penduduk secara online.

Kepala BPS Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Yudistira mengatakan pihaknya telah melakukan tahapan sensus penduduk online sejak 15 Februari 2020.

“Segmen perkotaan dan milenial, target kami 20 persen, juga akan didatangi saat Sensus Wawacara pada Juli nanti,” katanya, Selasa (18/2/2020).

Diketahui, sensus penduduk online akan dilakukan sampai dengan 31 Maret 2020. Selanjutnya, BPS melakukan tahapan sensus penduduk wawancara pada 1 Juli –21 Juli 2020.

Menurut Yudistira, sensus wawancara untuk menjangkau 327 desa di OKI. Pihaknya pun membutuhkan sekitar 1.900 orang  petugas.

“Petugas itu akan melakukan wawancara langsung kepada masyarakat dalam rangka sensus penduduk. Kami merekrut dari masyarakat,” katanya.

Dia memerinci setiap petugas sensus akan mencacah 300 kepala keluarga di kabupaten itu.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati OKI Iskandar mengajak masyarakat OKI untuk berpartisipasi penuh dalam Sensus Penduduk 2020.  

“Sensus ini penting untuk mewujudkan Indonesia satu data serta dasar pemerintah untuk menentukan kebijakan pembangunan ke depan,” katanya.

Menurut Iskandar, kunci utama kesuksesan sensus penduduk tahun 2020, adalah partisipasi dari seluruh elemen. 

Oleh karena itu bupati memerintahkan seluruh jajaran pemerintahannya mulai dari tingkat kabupaten hingga ke desa untuk menjadi panutan pengisian sensus penduduk 2020.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
sumsel

Editor : Ajijah
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top