Kemenlu Ajak Pemprov Riau Promosi di Luar Negeri

Kementerian Luar Negeri RI bakal mengajak Pemerintah Provinsi Riau untuk mempromosikan produk unggulan Bumi Lancang Kuning ke luar negeri, khususnya ke Malaysia, Thailand, Filipina, dan Brunei Darussalam.
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 07 Februari 2020  |  16:51 WIB
Kemenlu Ajak Pemprov Riau Promosi di Luar Negeri
Ilustrasi - indonesia.travel

Bisnis.com, PEKANBARU—Kementerian Luar Negeri RI bakal mengajak Pemerintah Provinsi Riau untuk mempromosikan produk unggulan Bumi Lancang Kuning ke luar negeri, khususnya ke Malaysia, Thailand, Filipina, dan Brunei Darussalam.

Rossy Verona, Sekretaris Dirjen Asia Pasifik dan Afrika Kemenlu RI, menyampaikan bahwa pihaknya bakal memfasilitasi kegiatan promosi tersebut seiring dengan upaya Indonesia menggenjot diplomasi ekonomi. 

"Pemerintah kita sekarang memprioritaskan diplomasi ekonomi. Kita berharap peluang ini benar-benar dimanfaatkan oleh daerah seperti Riau," kata Rossy di Jakarta, seperti dikutip dari keterangan resmi Pemprov Riau, Jumat (7/2/2020).

Dirinya menyebut bahwa Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) dan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) sebagai perwakilan di luar negeri bakal memfasilitasi kegiatan promosi itu, termasuk mempertemukan Pemprov Riau dengan pembeli potensial, investor, dan pengusaha pariwisata. 

Dengan demikian, Kemlu RI berharap Pemprov Riau nantinya dapat memboyong para pelaku usaha di Bumi Lancang Kuning ikut serta dalam beberapa pameran internasional. 

Adapun dalam waktu dekat bakal ada pameran di Kuala Lumpur dan Melaka, Malaysia, serta di Thailand, Filipina, dan Brunei Darussalam.

Yan Prana, Sekretaris Daerah Provinsi Riau, yang turut hadir memenuhi undangan presentasi potensi dan keunggulan Riau di Gedung Kemlu RI menyampaikan bahwa Riau memiliki sejumlah produk unddulan yang dapat dipromosikan, mulai dari makanan, minuman maupun kerajinan tangan.

“Termasuk potensi investasi di bidang pariwisata dan kawasan industri strategis,” kata Yan.

Kepala DPM-PTSP Riau Evarefita menambahkan bahwa daerahnya memiliki produk unggulan seperti madu berkualitas, produk olahan gaharu yang bisa menjadi kopi dan minyak wangi, kopi aren, kopi liberika dari Meranti, udang, serta sejumlah kerajinan tangan khas seperti tanjak, tas, dari lidi sawit dan lainnya yang bisa dipromosikan di luar negeri.

Plt. Kepala Dinas Pariwisata Yoserizal Zein ikut menyampaikan bahwa event pariwisata di Riau seperti Tour de Siak, Pacu Jalur, Bakar Tongkang dan Gelombang Bono, dan sejumlah destinasi seperti Candi Muara Takus, Istana Siak, Pantai Rupat dan lainnya dapat menjadi pilihan pariwisata bagi turis mancanegara.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kemenlu, pemprov riau

Editor : Rustam Agus
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top