Penumpang via Bandara SMB II Palembang Diprediksi Naik 7 Persen

Jumlah penumpang Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang diprediksi meningkat sebesar 7 persen pada 2020 dibanding tahun sebelumnya.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 31 Januari 2020  |  15:26 WIB
Penumpang via Bandara SMB II Palembang Diprediksi Naik 7 Persen
Penumpang berjalan di ruang tunggu Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang, Sumatra Selatan, Senin (4/3/2019). - Bisnis/Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, PALEMBANG - Jumlah penumpang Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang diprediksi meningkat sebesar 7 persen pada 2020 dibanding tahun sebelumnya.

Fahroji, General Manager Bandara Internasional SMB II Palembang PT Angkasa II (Persero), mengatakan jumlah pergerakan tahun ini bisa mencapai 4,3 juta penumpang.

“Tahun lalu jumlahnya 4,02 juta penumpang atau rata-rata sekitar 11.000 penumpang per hari. Tahun ini bisa mencapai 12.000 penumpang per hari,” katanya, Jumat (31/1/2020).

Fahroji mengatakan prediksi peningkatan itu seiring adanya penambahan penerbangan, serta ada pula pembukaan rute baru dari bandara di kota itu.

Dia mengemukakan tahun ini, penerbangan rute Bandung-Palembang telah dibuka lagi di mana sebelumnya dihentikan pihak maskapai. Kemudian, ada pula rute baru, yakni Palembang-Semarang.

Tak hanya itu, dia melanjutkan, arus penumpang dari bandara internasional itu juga bakal didorong dari adanya penambahan penerbangan umroh, yakni direct flight Palembang-Jeddah.

“Penerbangan umroh itu merupakan charter flight dan informasinya akan bertambah tahun ini,” katanya.

Fahroji menerangkan meski ada prediksi kenaikan jumlah penumpang, namun pihaknya belum berencana untuk melakukan pengembangan fasilitas di bandara tersebut.

“Tahun ini belum ada pengembangan baik itu untuk luas terminal atau pengembangan yang berkaitan dengan jumlah penumpang,” katanya.

Diketahui, pengelola Bandara SMB II Palembang sebelumnya telah melakukan pengembangan secara massif pada 2018 seiring adanya momen pesta olahraga terbesar di Asia, Asian Games 2018.

Sementara itu, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Sumsel, jumlah penumpang angkutan udara yang diberangkatan dari Bandara SMB II pada November 2019 secara keseluruhan sebanyak 170.701 orang, atau naik 4,18 persen dibanding Oktober 2019.

Kepala BPS Sumsel Endang Tri Wahyuningsih mengatakan jumlah penumpang itu berasal dari penumpang domestik sebanyak 159.265 orang sementara penumpang internasional sebanyak 11.436 orang.

"Bandara SMB II merupakan pintu gerbang udara wisata yang penting di kawasan Sumbagsel, yang melayani penerbangan domestik maupun penerbangan internasional,” katanya.

Penerbangan domestik yang berasal dari dan tujuan ke Bandara SMB II melayani Jakarta, Surabaya, Denpasar, Batam, Jambi, Medan, Pangkal Pinang, Lampung, Bengkulu, Padang, Tanjung Pandan, dan Yogyakarta. Sementara penerbangan internasional komersial masih terbatas pada dua negara, berasal dan bertujuan dari dan ke Kuala Lumpur (Malaysia) serta Singapura.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bandara

Editor : Sutarno
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top