Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sumsel Kembangkan Potensi Wisata Jalur Tol Trans Sumatra

Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan berupaya mengembangkan potensi pariwisata di daerah itu seiring kehadiran Tol Palembang–Lampung yang merupakan bagian dari tol Trans Sumatra.
Tol Trans Sumatra/Bisnis-Abdullah Azzam
Tol Trans Sumatra/Bisnis-Abdullah Azzam

Bisnis.com, PALEMBANG – Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan berupaya mengembangkan potensi pariwisata di daerah itu seiring kehadiran Tol Palembang – Lampung yang merupakan bagian dari tol Trans Sumatra.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan kehadiran ruas tol tersebut memang memberi dampak positif terhadap konektivitas antar provinsi di Sumatra. Namun demikian, jalan bebas hambatan itu juga menjadi tantangan tersendiri bagi Sumsel.

“Ini tantangan, di satu sisi kita dapat manfaat dari konektivitas Lampung—Sumsel jadi sangat dekat, tetapi ada dampak lain di sektor pariwisata, ini yang harus kita siasati,” katanya saat acara Kaleidoskop Sumsel 2019, Kamis (26/12/2019) petang.

Berdasarkan data PT Waskita Sriwijaya Tol, pengelola ruas Tol Palembang – Kayuagung, jumlah kendaraan yang keluar dari Palembang menuju Lampung mencapai 5.000 – 6.000 kendaraan per hari. Ribuan kendaraan tersebut melintas sejak tol itu fungsional pada 20 Desember 2019.

Sebagian besar masyarakat Sumsel melewati tol tersebut untuk berlibur ke Lampung yang memiliki banyak objek wisata alam, seperti pantai dan daerah pegunungan.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan dirinya menuntut organisasi perangkat daerah (OPD) terkait pariwisata untuk kreatif mencari inovasi dalam daya tarik wisata.

“Jangan juga kita paksa [wisata] Sumsel harus punya laut [seperti Lampung] makanya kita harus kreatif dan rasional menciptakan objek wisata sesuai potensi yang kita punya,” paparnya.

Deru menjelaskan sebetulnya Sumsel juga memiliki potensi alam di sejumlah daerah, salah satunya Gunung Dempo di Kota Pagaralam. Hanya saja, akses menuju daerah tersebut masih terbatas jika dibandingkan menuju provinsi tetangga.

Oleh karena itu, dia menilai, Sumsel dapat membuat sport tourism atau wisata olahraga. Sejumlah event pun telah digelar Pemprov Sumsel, salah satunya Sriwijaya Ranau Gran Fondo yang merupakan agenda bersepeda dengan titik akhir di Danau Ranau, Kabupaten OKU Selatan.

Dia menambahkan Sumsel juga dapat mengembangkan wisata religi karena memiliki objek wisata religi, seperti ziarah kubro yang sudah menjadi agenda tahunan Pemkot Palembang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper