Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sumsel Kembangkan Potensi Wisata Jalur Tol Trans Sumatra

Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan berupaya mengembangkan potensi pariwisata di daerah itu seiring kehadiran Tol Palembang–Lampung yang merupakan bagian dari tol Trans Sumatra.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 27 Desember 2019  |  17:40 WIB
Tol Trans Sumatra - Bisnis/Abdullah Azzam
Tol Trans Sumatra - Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, PALEMBANG – Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan berupaya mengembangkan potensi pariwisata di daerah itu seiring kehadiran Tol Palembang – Lampung yang merupakan bagian dari tol Trans Sumatra.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan kehadiran ruas tol tersebut memang memberi dampak positif terhadap konektivitas antar provinsi di Sumatra. Namun demikian, jalan bebas hambatan itu juga menjadi tantangan tersendiri bagi Sumsel.

“Ini tantangan, di satu sisi kita dapat manfaat dari konektivitas Lampung—Sumsel jadi sangat dekat, tetapi ada dampak lain di sektor pariwisata, ini yang harus kita siasati,” katanya saat acara Kaleidoskop Sumsel 2019, Kamis (26/12/2019) petang.

Berdasarkan data PT Waskita Sriwijaya Tol, pengelola ruas Tol Palembang – Kayuagung, jumlah kendaraan yang keluar dari Palembang menuju Lampung mencapai 5.000 – 6.000 kendaraan per hari. Ribuan kendaraan tersebut melintas sejak tol itu fungsional pada 20 Desember 2019.

Sebagian besar masyarakat Sumsel melewati tol tersebut untuk berlibur ke Lampung yang memiliki banyak objek wisata alam, seperti pantai dan daerah pegunungan.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan dirinya menuntut organisasi perangkat daerah (OPD) terkait pariwisata untuk kreatif mencari inovasi dalam daya tarik wisata.

“Jangan juga kita paksa [wisata] Sumsel harus punya laut [seperti Lampung] makanya kita harus kreatif dan rasional menciptakan objek wisata sesuai potensi yang kita punya,” paparnya.

Deru menjelaskan sebetulnya Sumsel juga memiliki potensi alam di sejumlah daerah, salah satunya Gunung Dempo di Kota Pagaralam. Hanya saja, akses menuju daerah tersebut masih terbatas jika dibandingkan menuju provinsi tetangga.

Oleh karena itu, dia menilai, Sumsel dapat membuat sport tourism atau wisata olahraga. Sejumlah event pun telah digelar Pemprov Sumsel, salah satunya Sriwijaya Ranau Gran Fondo yang merupakan agenda bersepeda dengan titik akhir di Danau Ranau, Kabupaten OKU Selatan.

Dia menambahkan Sumsel juga dapat mengembangkan wisata religi karena memiliki objek wisata religi, seperti ziarah kubro yang sudah menjadi agenda tahunan Pemkot Palembang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumsel wisata tol trans sumatra
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top