Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

15 Tahun Tsunami Aceh, Komunitas Aceh Bergerak Gelar Doa Bersama dan Nonton Film Mitigasi Bencana

Komunitas Aceh Bergerak memperingati 15 tahun Tsunami dengan Doa dan Zikir serta Gala Premiere film Ajarkan Aku Aceh di Taman Budaya Banda Aceh, Kamis (26/12/2019).
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 26 Desember 2019  |  23:47 WIB
Tsunami Aceh
Tsunami Aceh

Bisnis.com, JAKARTA - Komunitas Aceh Bergerak memperingati 15 tahun Tsunami dengan Doa dan Zikir serta Gala Premiere film Ajarkan Aku Aceh di Taman Budaya Banda Aceh, Kamis (26/12/2019).

Doa dan Zikir di pimpin oleh T M Syuhada yang merupakan Siswa (MUQ) Banda Aceh. Syuhada juga merupakan korban tsunami Aceh saat masih berumur Satu tahun. Keluarganya selamat dari bencana 2004 silam. Akan setapi seluruh harta benda luluh dilanta gelombang dasyat waktu itu.

“Walau tak begitu mengingatnya, tsunami bagi saya adalah sejarah yang setiap tahun semestinya harus di kenang, agar kita jangan lupa dengan tragedi maha dasyat itu, supaya kita terus bisa dekat dengan Allah SWT,” katanya melalui keterangan resmi, Kamis (26/12/2019).

Setelah doa dan zikir, agenda tersebut dilanjutkan dengan diskusi bersama para tim produksi dan para pemain film Ajarkan Aku Aceh. Para penonton diajak untuk mengetahui tentang produksi dan dunia akting.

Film berdurasi 53 Menit ini menceritakan tentang warga Aceh, baik itu tukang becak, supir mobil traiver serta pelayan restoran yang sudah pahan tentang evakuasi dan mitigasi bencana.

Kisah tersebut menceritakan tentang Ros dan Ema yang merupakan Wisatawan Malaysia yang sedang liburan di Aceh. Ros takut akan Gempa dan Tsunami tiba-tiba terjadi lagi. Dalam pikirannya Aceh adalah daerah yang menakutkan untuk dikunjungi.

Perjalanannya berubah dengan hadirnya Gam Pacok. Dia adalah seorang tukang becak, akan tetapi memiliki pengetahuan tentang mitigasi dan evakuasi bencana gempa dan tsunami.

Begitu juga dengan Bang Prak yang menjadi supir mobil disebuah traivel. Supir kocak serta sarat pengetahuan tentang teknik evakuasi ini juga paham tentang tanda-tanda bila tsunami akan terjadi.

Ratusan penonton memberikan apresiasi terhadap film edukasi dan roman ini. Mereka sempat histeris disaat adegan Gam Pacok dan Ros di atas becak. Para penonton juga di suguhi aksi kocak Bang Prak yang berperan sebagai supir mobil VW Combi yang selalu melantunkan nyanyiannya.

Ketua Aceh Bergerak, Ambia Dianda menjelaskan bahwa pesan dalam film ini mampu memberikan edukasi kepada para pendatang dan warga Aceh tentang evakuasi dan mitigasi bencana bila tiba-tiba datang.

“Peringatan 15 tahun tsunami kita usung tema menembus keterbatasan. Doa dan zikir itu kita kirim untuk syuhada yang sahit dalam tragedi gempa dan tsunami. Gala Premiere film Ajarkan Aku Aceh sebagai media edukasi yang diserta kisah cinta serta komedi menyampaikan pesan untuk warga dan para wisatawan,” terangnya.

Muhammad Insya, ketua panitia Acara sekaligu pemeran Bang Prak dalam film Ajarkan Aku Aceh dalam laporannya menyampaikan peringatan 15 tahun gempa dan tsunami ini terlaksana atas dukungan lintas komunitas.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

aceh tsunami aceh
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top