Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

PDAM Tirtanadi Medan akan Bangun Museum Air

PDAM Tirtanadi akan membangun galeri atau bangunan Museum Air di pelataran Kantor PDAM Tirtanadi, Jalan Sisingamangaraja, Medan.
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com 16 Desember 2019  |  16:24 WIB
Ilustrasi saluran air bersih sumber air baku PDAM. - Antara/Gusti Tanati
Ilustrasi saluran air bersih sumber air baku PDAM. - Antara/Gusti Tanati

Bisnis.com, MEDAN – PDAM Tirtanadi akan membangun galeri atau bangunan Museum Air di pelataran Kantor PDAM Tirtanadi, Jalan Sisingamangaraja, Medan. Jika terealisasi, museum ini akan menjadi museum air pertama yang ada di Indonesia.

Dalam galeri tersebut nantinya akan ditampilkan sejarah air dunia, siklus air, sejarah PDAM Tirtanadi, tokoh-tokoh bersejarah di bidang air, dan lain sebagainya. Selain itu, ada pula game dan layanan interaktif untuk menghindari kebosanan pengunjung.

" PDAM Tirtanadi ini bukan sekadar perusahaan air biasa. Ada sejarah yang perlu kita lestarikan dalam perjalanan berdirinya Tirtanadi, museum ini salah satu cara kita melestarikan sejarah tersebut. Tentu kita dukung dan sangat apresiasi," kata Wakil Gubernur Sumatra Utara dikutip Senin (16/12/2019).

Musa berharap nantinya museum ini menjadi salah satu daya tarik pariwisata Kota Medan. Kemudian, menjadi sarana edukasi bagi masyarakat Sumut akan nilai penting air dan sungai. Sehingga tumbuh kesadaran untuk menjaga ketersediaan air dan kebersihan sungai.

"Nanti di museum ini ditampilkan, apa dampak kekurangan air dan bahaya sungai tercemar bagi kita. Sehingga nanti anak-anak kita yang berkunjung belajar dan semakin mencintai lingkungan. Edukasi lingkungan ini memang harus sejak dini," tuturnya,

Direktur Utama PDAM Tirtanadi Trisno Sumantri mengatakan pembangunan direncanakan di pelataran taman Kantor PDAM Tirtanadi berdampingan dengan Menara Air Tirtanadi. Tujuannya sebagai sarana edukasi mengenai peran PDAM Tirtanadi, pentingnya air, sehingga tumbuh kesadaran untuk menggunakan air dengan lebih bijaksana dan berperan serta menjaga lingkungan.

"Untuk pembangunan kita upayakan segera, nanti kita informasikan timeline pembangunan. Terkait dengan anggaran berupaya semaksimal mungkin tidak mengganggu anggaran yang ada di Pemprov Sumut, sehingga upaya pelayanan masyarakat tidak terganggu," katanya.

Yosephine Sitanggang, arsitek yang merancang bangunan Museum Air PDAM Tirtanadi menjelaskan bahwa bangunan yang terdiri dari tiga lantai, dimana lantai ketiga merupakan rooftop atau ruang atap terbuka. Konsep bangunan museum yang diangkat yakni Hulu - Hilir.

"Seperti air yang mengalir dari hulu ke hilir, museum ini nantinya juga menjelaskan siklus air. Dari mana dia berasal hingga sampai ke rumah kita. Kemudian, ini merupakan museum interaktif, penggunaan layanan digital baik di tampilan ekshibisi dan permainan tersaji agar tidak ada kesan museum membosankan," jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

medan sumut
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top