Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov Bangka Belitung Bagi-bagi Ribuan Bibit Cabai

Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membagikan ribuan bibit cabai merah kepada warga Kota Pangkalpinang untuk menekan inflasi akibat kenaikan harga komoditas tersebut.
Ilustrasi petani memanen cabai./Antara-Yusuf Nugroho
Ilustrasi petani memanen cabai./Antara-Yusuf Nugroho

Bisnis.com, PANGKALPINANG – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membagikan ribuan bibit cabai merah kepada warga Kota Pangkalpinang untuk menekan inflasi akibat kenaikan harga komoditas tersebut.

"Kali ini kita membagikan 2.000 bibit cabai berkualitas untuk mengoptimalkan Gerakan Tanam Cabai (Gertam)," kata Kepala Dinas Pangan Provinsi Kepulauan Babel, Ahmad Damiri, di Pangkalpinang, Rabu (27/11/2019).

Dia mengutarakan mengatakan penyaluran 2.000 batang bibit cabai ini merupakan bagian dari kegiatan Gertam untuk mengoptimalkan pemanfaatan pekarangan rumah, menambah asupan pangan bergizi, beragam dan seimbang, juga untuk mengatasi inflasi atau lonjakan harga cabai di pasaran.

"Saat ini kita menyerahkan bibit ke lima kelurahan di Pangkalpinang, yaitu Kelurahan Selindung, Temberan, Parit Lalang, Air Mawar, Ampui dan diharapkan dapat mengurangi pengeluaran keluarga dalam memenuhi kebutuhan cabai," ujar Damiri.

Kabid Ketahanan Pangan Dinas Pangan Kota Pangkalpinang, Yiyi, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi yang telah memberikan bibit cabe ini dan diharapkan warga yang menerima bantuan ini dapat memanfaatkan bibit dengan sebaik-baiknya.

"Jadi, nanti bibit ini ditanam dan dirawat dengan baik, karena hasilnya untuk ibu-ibu semua. Ke depan tidak perlu lagi beli cabai di pasar karena sudah ada cabainya di pekarangan. Sudah cukup banyak, ditambah dengan bantuan dari  Kawasan Rumah Pangan Lestari  (KRPL). Harapan kami, tidak ada lagi ibu-ibu yang mengeluh harga cabai yang mahal," tuturnya.

Lurah Selindung, Musyadi, pun mengucapkan terima kasih atas adanya pemberian bibit cabai dan berharap ke depannya akan ada pembagian bibit tanaman lain selain cabe mengingat lahan di Selindung yang masih kosong.

“Pembagian bibit cabai ini mengingat inflasi harga cabe di pasaran utamanya provinsi kita Bangka Belitung yang masih sangat tinggi. Tentunya hal ini memberatkan ibu-ibu ya. Jadi, harapan kami dengan adanya bibit cabe ini dapat menekan lonjakan harga di pasaran," ujarnya.

Penyerahan bibit dilakukan secara simbolis di rumah ketua Kelompok Wanita Tani (KWT) Bugenpil Kelurahan Selindung dan dihadiri oleh ibu-ibu KWT Bugenpil, Kades, Lurah Selindung, Kabid Ketahanan Pangan Dinas Pangan dan Pertanian Kota Pangkalpinang beserta staf, dan Sekretaris Dinas Pangan Provinsi beserta tim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper