Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Imigrasi Aceh Barat Perketat Pengawasan Orang Asing

Kantor Imigrasi Kelas II Non-Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, terus memperketat pengawasan terhadap orang asing di sejumlah kabupaten/kota di wilayah barat selatan Provinsi Aceh.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 08 November 2019  |  19:12 WIB
Ilustrasi - ANTARA/Nova Wahyudi
Ilustrasi - ANTARA/Nova Wahyudi

Bisnis.com, MEULABOH--Kantor Imigrasi Kelas II Non-Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, terus memperketat pengawasan terhadap orang asing di sejumlah kabupaten/kota di wilayah barat selatan Provinsi Aceh.

"Pengawasan yang dilakukan ini bertujuan agar setiap orang asing yang berada di Indoneaia dapat diketahui keberadaannya dengan baik," kata Kepala Kantor Imigrasi Meulaboh usai membentu Tim Pengawasan Orang Asing (PORA) di Tapaktuan, Aceh Selatan, Jumat.

Menurut dia, pengawasan terhadap warga asing ini sebagai bentuk perwujudan Peraturan Pemerintah Nomor 31 Tahun 2013.

Dalam Pasal 195 disebutkan perlu dilakukan pengawasan orang asing yang terkoordinasi dan menyeluruh terhadap keberadaan dan kegiatan orang asing di wilayah Indonesia.

Dengan demikian, kata dia, setiap warga asing yang berada di Indonesia dapat lebih mudah dipantau dan diketahui secara pasti keberadaannya.

Agar lebih mudah dilakukan pengawasan, kata dia, pihaknya membentuk Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) dari tingkat kabupaten maupun ke tingkat kecamatan.

Imam Santoso mengatakan bahwa pembentukan tim pengawasan orang asing tersebut untuk menjalankan aturan sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Permenkumham) Republik Indonesia Nomor 50 Tahun 2016.

Menurut dia, Tim Pora dibentuk di daerah hingga tingkat kecamatan karena para camat, koramil, dan polsek merupakan ujung tombak informasi keberadaan orang asing di wilayah tugas masing-masing.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

aceh WNA

Sumber : Antara

Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top