Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Imigrasi Aceh Barat Perketat Pengawasan Orang Asing

Kantor Imigrasi Kelas II Non-Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, terus memperketat pengawasan terhadap orang asing di sejumlah kabupaten/kota di wilayah barat selatan Provinsi Aceh.
Ilustrasi/ANTARA-Nova Wahyudi
Ilustrasi/ANTARA-Nova Wahyudi

Bisnis.com, MEULABOH--Kantor Imigrasi Kelas II Non-Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, terus memperketat pengawasan terhadap orang asing di sejumlah kabupaten/kota di wilayah barat selatan Provinsi Aceh.

"Pengawasan yang dilakukan ini bertujuan agar setiap orang asing yang berada di Indoneaia dapat diketahui keberadaannya dengan baik," kata Kepala Kantor Imigrasi Meulaboh usai membentu Tim Pengawasan Orang Asing (PORA) di Tapaktuan, Aceh Selatan, Jumat.

Menurut dia, pengawasan terhadap warga asing ini sebagai bentuk perwujudan Peraturan Pemerintah Nomor 31 Tahun 2013.

Dalam Pasal 195 disebutkan perlu dilakukan pengawasan orang asing yang terkoordinasi dan menyeluruh terhadap keberadaan dan kegiatan orang asing di wilayah Indonesia.

Dengan demikian, kata dia, setiap warga asing yang berada di Indonesia dapat lebih mudah dipantau dan diketahui secara pasti keberadaannya.

Agar lebih mudah dilakukan pengawasan, kata dia, pihaknya membentuk Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) dari tingkat kabupaten maupun ke tingkat kecamatan.

Imam Santoso mengatakan bahwa pembentukan tim pengawasan orang asing tersebut untuk menjalankan aturan sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Permenkumham) Republik Indonesia Nomor 50 Tahun 2016.

Menurut dia, Tim Pora dibentuk di daerah hingga tingkat kecamatan karena para camat, koramil, dan polsek merupakan ujung tombak informasi keberadaan orang asing di wilayah tugas masing-masing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Rustam Agus
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper