Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menteri LHK: Pemadaman Karhutla di Sumsel Dilakukan Tim Gabungan Secara Terintegrasi

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar mengungkapkan dirinya telah mengeluarkan radiogram perintah penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Palembang kepada Gubernur Sumsel, Bupati Muba, Bupati OKI, Bupati Banyuasin, serta Bupati Ogan Ilir yang diindikasikan terdapat titik api.

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar mengungkapkan dirinya telah mengeluarkan radiogram perintah penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Palembang kepada Gubernur Sumsel, Bupati Muba, Bupati OKI, Bupati Banyuasin, serta Bupati Ogan Ilir yang diindikasikan terdapat  titik api.

“Hari ini masih terus dipantau. Panglima TNI memperkuat jajaran dan menambahkan helly serta langkah hujan buatan. Demikian pula Kapolri memperkuat kerja tim lapangan. Gubernur terus mengikuti perkembangan,” ujar Siti dalam keterangan tertulis, Selasa (15/10/2019).

Lebih lanjut, Siti mengatakan sejak kemarin dirinya terus berkoordinasi dengan Panglima TNI, Gubernur Sumsel, Kapolri, serta meminta dukungan swasta di lokasi terdekat.

“Di lapangan, Satgas dipimpin Danrem dan diarahkan Gubernur dan Panglima bekerja keras. Saya terus ikuti perkembangan,” tambah Siti.

Dikemukakan Siti, pemadaman bersama para pihak, TNI, Polri, BPBD, MA dan MPA, serta pihak swasta perkebunan dan kehutanan di Dusun IX Desa Muara Medak Kecamatan Bayung Lencir Kabupaten Muba, kondisi api belum padam.

Personil Daops Musi Banyuasin 15 orang pemadaman, 22 orang Patroli Terpadu, dan 6 MA 4 ASN. 

Sementara itu, di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) kegiatan pemadaman dilakukan oleh 656 orang dengan alat berat, speed, dll. Selain itu, ada bantuan dari luar OKI sebanyak 86 orang.

Sebenarnya, kata Siti, kondisi kemarin sore sudah lebih baik. “Pagi ini naik lagi hotpsot.”

Dalam dua hari terakhir ini, kabut asap cukup tebal di Kota Palembang terutama pagi hari pukul 04.00-08.00 dan malam hari pukul 18.00-21.00, dengan ISPU tidak sehat sekitar 172-192.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Herdiyan
Editor : Herdiyan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper