Riau Belum Butuh Bantuan Pemadam Karhutla dari DKI Jakarta

Pemprov Riau menyatakan pihaknya belum membutuhkan bantuan personel pemadam kebakaran yang dikirimkan oleh Pemprov DKI Jakarta.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 18 September 2019  |  00:32 WIB
Riau Belum Butuh Bantuan Pemadam Karhutla dari DKI Jakarta
Satgas Karhutla Riau terus berupaya melakukan pemadaman di tengah pekatnya asap kebakaran lahan gambut yang terbakar di Desa Rimbo Panjang, Kabupaten Kampar, Riau, Senin (16/9/2019). - Antara

Bisnis.com, PEKANBARU - Pemprov Riau menyatakan pihaknya belum membutuhkan bantuan personel pemadam kebakaran yang dikirimkan oleh Pemprov DKI Jakarta.

Wakil Gubernur Riau Edy Nasution menuturkan pihaknya masih memiliki kemampuan personel pemadaman karhutla.

"Saya kira belum butuh [bantuan DKI], karena kita masih memiliki kemampuan baik personel dan lainnya," katanya Selasa (17/9/2019).

Meski demikian pemprov menurut Edy tetap mengucapkan terima kasih kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang ingin membantu dan mengirimkan 65 personel untuk pemadaman karhutla di wilayah itu.

Bila memang membutuhkan, pemprov akan menyampaikan hal itu kepada pemda lainnya, termasuk kepada masyarakat luas.

Selain itu, sampai saat ini belum ada komunikasi resmi antara Pemprov DKI Jakarta dengan Pemprov Riau tentang pemberian bantuan 65 personel pemadaman karhutla.

Sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengirim 65 petugas untuk membantu pemadaman karhutla di Riau, dengan masa tugas 10 hari. Pelepasan secara simbolis dilakukan di Silang Monas, Jakarta Pusat, Selasa pagi.

Selain petugas pemadam kebakaran, dalam rombongan petugas itu ada juga dari Dinas Kesehatan, Penanggulangan Bencana, dan Dinas Sosial. Anies menyatakan untuk penempatannya, akan berada di bawah BNPB.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
riau, Kabut Asap, kebakaran hutan

Editor : Akhirul Anwar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top