Asita Akui Jumlah Wisatawan ke Riau Anjlok

Pelaku usaha pariwisata dari Association of The Indonesia Tour and Travel Agencies (Asita) Riau mengaku akibat kabut asap, kunjungan wisata ke daerah itu anjlok setengahnya atau turun 50 persen.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 13 September 2019  |  15:49 WIB
Asita Akui Jumlah Wisatawan ke Riau Anjlok
Warga berkendara menembus kabut asap - ANTARA/Syifa Yulinnas
Bisnis.com, PEKANBARU -- Pelaku usaha pariwisata dari Association of The Indonesia Tour and Travel Agencies (Asita) Riau mengaku akibat kabut asap, kunjungan wisata ke daerah itu anjlok setengahnya atau turun 50 persen.
 
Ketua Asita Riau Dede Firmansyah mengatakan pihaknya sudah mendapatkan aduan dari anggota Asita tentang turunnya jumlah wisatawan yang datang ke daerah itu.
 
"Secara umum dari anggota kami mengaku penjualan tiket dan paket wisata mengalami penurunan, bisa dibilang setengahnya mengajukan pembatalan pesanan," katanya kepada Bisnis, Jumat (13/9/2019).
 
Dia menjelaskan di pekan ini ada banyak agenda wisata dan hiburan yang digelar di Pekanbaru, dengan mendatangkan artis ibu kota.
 
Misalnya band Sheila On7, Efek Rumah Kaca, Noah, dan The Changcutters untuk sejumlah agenda musik yang berbeda.
 
Lalu ada pula agenda kegiatan religi seperti Hijrah Fest oleh Arie Untung bersama istrinya, lalu Yayasan Daarut Tauhid binaan Aa Gym yang mengadakan kegiatan dengan himpunan pengurus masjid setempat.
 
"Dari beberapa agenda itu, kami belum terima laporan apakah ada yang dibatalkan mengingat situasi kabut asap Pekanbaru yang membuat kualitas udara menjadi berbahaya seperti sekarang," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
riau, Kabut Asap, kebakaran hutan

Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top