Lampung Culture & Tapis Carnival Semarakkan Festival Krakatau

Parade budaya "Lampung Culture and Tapis Carnival" yang merupakan rangkaian acara Lampung Krakatau Festival (LKF) 2019 berlangsung meriah.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 26 Agustus 2019  |  07:46 WIB
Lampung Culture & Tapis Carnival Semarakkan Festival Krakatau
Parade Budaya Lampung Culture & Tapis Carnival di Bandar Lampung pada Minggu (25/8/2019). - Antara/Agus Wira Sukarta

Bisnis.com, BANDAR LAMPUNG – Parade budaya "Lampung Culture and Tapis Carnival" yang merupakan rangkaian acara Lampung Krakatau Festival (LKF) 2019 berlangsung meriah.

Parade yang dibuka oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Gubernur Lampung Arinal Djunaidi di Lapangan Enggal Bandar Lampung, Minggu (25/8/2019), berlangsung meriah dan penuh suka cita.

Rute parade menempuh jarak sekitar 3 km melintasi jalan-jalan protokol Bandarlampung di antaranya Jl. Jenderal Sudirman, Tugu Gajah, Jl. Ahmad Yani, Jl. RA Kartini, Jl. Raden Intan kemudian rute finis kembali lagi ke Lapangan Enggal.

Menpar Arief Yahya didampingi Gubernur Arinal dan Wagub Chusnunia Chalim turun langsung dalam acara tersebut.

Masyarakat juga tampak antusias menyaksikan parade, dengan menonton disepanjang jalan yang dilintasi oleh peserta karnaval.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyampaikan LKF merupakan agenda tetap tahunan Pemprov Lampung guna mempromosikan keunggulan-keunggulan daerah khususnya atraksi dan daya tarik wisata unggulan Lampung.

Kegiatan ini, lanjut Arinal, merupakan peluang bisnis bagi dunia usaha dan masyarakat untuk mempromosikan dan memasarkan produknya saat festival berlangsung.

Adapun Tema LKF 2019 adalah "Urban Etnik". Tema ini, ujar Arinal, merupakan sebuah konsep yang memadukan unsur modern perkotaan dengan unsur tradisi yang berakar dari adat istiadat atau tradisi budaya masyarakat serta sosial yang unik dan menarik untuk ditampilkan menjadi sebuah sajian seni maupun pertunjukan budaya.

Rangkaian kegiatan Lampung Krakatau Festival ini sendiri, lanjutnya, terdiri atas lima kegiatan utama dan bertempat di Lapangan Saburai Bandarlampung, yaitu, pesona kemilau Sai Bumi Ruwa Jurai, krakatau expo, parade permainan anak tradisional dan trip krakatau serta parade budaya Lampung Culture And Tapis Carnival.

Menteri Pariwisata Arief Yahya merespons upaya Gubernur Arinal untuk meningkatkan kunjungan wisata. Salah satunya mendatangkan penerbangan internasional ke Provinsi Lampung.

"Tadi saya menelpon Dirut Angkasa Pura II, dan ini berita bagus karena sebentar lagi, start September Branti dikelola Angkasa Pura II. Jadi, saya yakin pelayanan akan semakin baik," ujarnya.

Menpar juga meminta Angkasa Pura II mendukung Lampung untuk mendatangkan wisman sebanyak-banyaknya. "Direct dari luar, dari Malaysia, Australia, Singapura, dan lain-lain,” ujar Menpar.

Arief menjelaskan untuk pengembangan pariwisata, Provinsi Lampung perlu memiliki kawasan ekonomi khusus (KEK) pariwisata agar pembangunan pariwisata semakin cepat.

Seperti daerah-daerah lain yang telah memiliki KEK pariwisata salah satunya di KEK Mandalika yang ada di Nusa Tenggara Barat mampu mendatangkan investasi hingga Rp30 triliun. “Jadi, jika sudah ada KEK, investasi akan semakin mudah masuk. Lahannya yang disiapkan minimal 300 hektare, tahun ini juga usahakan ada KEK,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
lampung, krakatau

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top