Bappenas Dorong Kepala Daerah Se-Sumatra Gali Potensi Investasi

Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan, Presiden memberikan penegasan, termasuk di Sumatra, yang paling utama adalah infrastruktur yang bisa mengembangkan perekonomian di sekitar proye tersebut atau memberikan manfaat ekonomi yang paling besar.
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com 13 Agustus 2019  |  19:50 WIB
Bappenas Dorong Kepala Daerah Se-Sumatra Gali Potensi Investasi
Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro - ANTARA/Afriadi Hikmal

Bisnis.com, MEDAN-- Terdapat lima prioritas yang harus dilakukan pemerintah pusat dan daerah pada capaian RPJMN sesuai dengan instruksi dari Presiden RI Joko Widodo, yakni, pembangunan infrastruktur, pembangunan SDM, mendorong investasi, reformasi birokrasi serta penggunaan APBN.

Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan, Presiden memberikan penegasan, termasuk di Sumatra, yang paling utama adalah infrastruktur yang bisa mengembangkan perekonomian di sekitar proyek tersebut atau memberikan manfaat ekonomi yang paling besar.

“Misalkan kita tahu sekarang di Sumatera sedang di buat jalan tol Lintas Sumatera," jelas Bambang di Medan, Selasa (13/8/2019)

Dijelaskan juga, pembangunan jalan tol Lintas Sumatera direncanakan rampung pada 2024, Trans Sumatera ini sudah tersambung dari Banda Aceh sampai Bandar Lampung. Pemerintah daerah diminta untuk segera menyiapkan sumber daya manusia untuk menunjang laju pembangunan.

"Supaya kita punya semua tekad yang sama, sekali lagi ini adalah bentuk perkembangan ekonomi di wilayah Sumatera itu sendiri tetapi kita tahu semua itu tidak cukup harus didukung oleh pembangunan sumber daya manusia," tambahnya.

Bambang juga meminta pada seluruh kepala daerah untuk mendorong investasi masuk ke daerah masing-masing. Investasi menurut Bambang dapat menggerakan kegiatan ekonomi diantaranya menciptakan lapangan kerja.

Sementara untuk reformasi birokrasi, Bambang menekankan pada reformasi struktural agar lembaga semakin sederhana, kecepatan memberikan izin serta efesiensi lembaga.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bappenas, sumut

Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top